PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN METODE CERITA BERBASIS KEARIFAN LOKAL GUSJIGANG MELALUI MEDIA FILMORA 9

Sukri, Moh (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN METODE CERITA BERBASIS KEARIFAN LOKAL GUSJIGANG MELALUI MEDIA FILMORA 9. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS MOH SUKRI 12020190020 - Copy.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi analisis kebutuhan dalam produksi bahan ajar, langkah-langkah pembuatan bahan ajar, kualitas produk dan fasilitas, serta tingkat keefektifan produk. Gusjigang MAPEL IPS adalah pola pikir yang menganut perbedaan ras dan budaya kelas IV Madrasah Ibtidaiyah NU Ittihadul Falah Kedungdowo, Kaliwungu, Kabupaten Kudus. Metode yang digunakan dalam penelitian Research and Development (R&D). Untuk membuat produk tertentu digunakan penelitian yang mencakup analisis kebutuhan dan pengecekan kelayakan suatu produk. Penelitian ini dibagi menjadi tiga tahap untuk menilai keefektifan pembelajaran lokal, yang meliputi: 1) Untuk menentukan model pembelajaran karakter saat ini, tahap pendahuluan (penelitian) adalah deskriptif kualitatif; 2) Penyusunan desain model, validasi model 1 (pakar / pakar), dan validasi model 2 (praktisi) melalui FGD (Focus Group Discussion) untuk menghasilkan model hipotetis merupakan bagian dari tahap desain pengembangan (pengembangan); 3) Tahap uji coba skala terbatas (diseMadrasah Ibtidaiyahnasi), yang berujung pada produksi model akhir sebagai produk jadi dan publikasi. Hasil penelitiannya adalah 1) Penilaian validasi dari ahli materi sikap menerima keragaman suku bangsa dan budaya termasuk dalam kategori valid dan sangat layak untuk digunakan; 2) Validator ahli media mengomentari tiga aspek, yaitu a) Media dalam pembuatan video filmora 9 dalam menunjang pembelajaran digunakan untuk pembelajaran menggunakan skenario cerita dalam materi menerima keragaman suku bangsa dan budaya, materi disesuaikan dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar; b) Hendaknya menampakkan media audio visual dalam pembelajaran, sehingga tampilan lebih menarik dan memotivasi siswa untuk mempelajari lebih banyak; 3) Penilaian dalam uji kelayakan pada skala terbatas terhadap media pembelajaran masuk dalam kategori layak untuk digunakan; 4) Pengembangan bahan ajar dengan metode cerita berbasis kearifan lokal gusjigang melalui media filmora 9 dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi sikap menerima keragaman suku bangsa dan budaya secara efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jul 2022 20:48
Last Modified: 25 Jul 2022 20:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14171

Actions (login required)

View Item View Item