PENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF DIFTONG MELALUI PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF BAGI SISWA SLOW LEARNER

FATWATI, ULI (2022) PENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF DIFTONG MELALUI PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF BAGI SISWA SLOW LEARNER. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis Uli Fatwati (12020200004) fiks.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video interaktif terhadap peningkatan kemampuan membaca huruf diftong melalui pengembangan video interaktif bagi siswa slow learner di MI Ma’arif Dukuh Salatiga. Manfaat penelitian ini adalah memberikan ide untuk menambah dan mengembangkan wawasan terkait media video interaktif yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membaca bagi siswa slow learner. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian quasi eksperimen one group pre-test post-test yang dimana sebuah kelompok diukur dan diobservasi sebelum dan sesudah perlakuan (treatment) diberikan. Subjek penelitian ini yaitu siswa yang lambat belajar (slow learner) pada kelas dua dengan melalui tes IQ (intelligent) terlebih dahulu dengan hasil skor IQ pada subjek berinisial FA 79 dan subjek berinisial FI 73. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan test performance. Teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik dengan menggunakan aplikasi SPSS Uji Wilcoxon. Hasil dari penelitian pada pre-test pada kedua subjek memperoleh skor 20, maka tingkat keberhasilan masih 44%. Pada tahap treatment subjek berinisial FA memperoleh skor 32, 38, dan 47 maka tingkat keberhasilan meningkat menjadi 64%, 76%, dan 94%, sedangkan subjek berinisial FI memperoleh skor 27,38, dan 47 maka tingkat keberhasilan meningkat menjadi 54%, 76%, dan 94%. Pada tahap post test subjek berinisial FA memperoleh skor 48 dengan tingkat keberhasilan mencapai 96%, sedangkan subjek berinisial FI memperoleh skor 49 dengan persentase tingkat keberhasilan mencapai 98%. Pada Uji Wilcoxon menggunakan aplikasi SPSS output test statistic Asymp.Sig kedua subjek dengan 10 data pada masing masing subjek memperoleh nilai 55.00 pada Sum of ranks, nilai 0 pada mean negative ranks dan 5.50 pada positive rank. Berdasarkan output test statistic FA (subjek1) memperoleh nilai Z yaitu -2.889b sedangkan pada output test statistic FI (subjek2) memperoleh nilai Z yaitu -2.919. Pada nilai Asymp.Sig.(2- tailed) pada Kedua subjek yaitu, .004 hal ini menunjukkan lebih kecil <0.05 maka dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatkan kemampuan membaca huruf diftong melalui pengembangan video interaktif bagi siswa slow learner.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jul 2022 22:12
Last Modified: 25 Jul 2022 22:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14172

Actions (login required)

View Item View Item