EFEKTIVITAS MODUL MENULIS PERMULAAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PADA SISWA TUNA GRAHITA

Rofi'ah, Darojatir (2022) EFEKTIVITAS MODUL MENULIS PERMULAAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PADA SISWA TUNA GRAHITA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS _PGMI_ DAROJATIR ROFI'AH_ LENGKAP.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Darojatir Rofi’ah. 2022. Efektivitas Modul Menulis Permulaan untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis pada Siswa Tuna Grahita. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pascasarjana IAIN Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Lilik Sriyanti, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas modul menulis permulaan untuk meningkatkan kemampuan menulis pada siswa tuna grahita di MI Keji Ungaran Kabupaten Semarang. Manfaat penelitian ini adalah menambah kekayaan ilmu dunia kepustakaan, menjadi acuan sekaligus memberikan ide untuk mengembangkan modul menulis permulaan untuk meningkatkan keterampilan menulis pada siswa tuna grahita agar lebih optimal dan juga sebagai tambahan informasi yang dapat mengembangkan wawasan terkait metode dan media yang diharapkan dapat meningkatkan keterampilan menulis pada siswa tuna grahita. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan rancangan SSR (single subject research). Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa tuna grahita pada kelas dua. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara,tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data persentase data yang tidak tumpang tindih (percentage of nonoverlapping data/PND) dan teknik analisis data statistik non parametrik dengan menggunakan aplikasi SPSS Uji Wilcoxon. Hasil analisis data dari tiga pre-test diperoleh persentase sebagai berikut: pre-test 1 sebesar 52,5%, pre-test 2 sebesar 65%, pre-test 3 sebesar 70%. Sementara itu berdasarkan tiga kali treatment diperoleh persentase sebagai berikut: treatment 1 sebesar 72,5%, treatment 2 sebesar 95%, treatment 3 sebesar 97,5%. Berdasarkan kriteria pencapaian yang telah ditetapkan maka modul menulis permulaan dikategorikan sangat efektif dengan persentase 97,5%. Berdasarkan output “Test Statistics”, diketahui pada tabel Z menunjukkan pada nilai -2.640b dan Asymp.Sig (2-tailed) bernilai .008. Hal ini menunjukkan jika nilai Asymp.Sig < 0.05, maka disimpulkan bahwa “Hipotesis diterima”. Artinya ada perbedaan antara hasil kemampuan menulis untuk baseline dan treatment, sehingga dapat disimpulkan bahwa “Adanya Peningkatan Kemampuan Menulis melalui Modul Menulis Permulaan pada Siswa Tuna Grahita”. Kata kunci: Tuna Grahita, Modul Menulis Permulaan, Kemampuan Menulis, Single Subject Research

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jul 2022 22:20
Last Modified: 25 Jul 2022 15:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14173

Actions (login required)

View Item View Item