PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII A PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA MELALUI PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMP NEGERI 8 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

saputra, riyan adi (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII A PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA MELALUI PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMP NEGERI 8 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saputa, Riyan Adi. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Siswa kelas VIII A pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Melalui Penerapan Problem Based Learning (PBL) di SMP Negeri 08 Salatiga Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Budiyono Saputro M. Pd Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPA, Sistem Ekskresi Manusia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi sistem ekskresi manusia dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning siswa kelas VIII A SMP Negeri 8 Salatiga tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penlitian ini adalah guru mata pelajaran IPA dan siswa kelas VIII A SMP Negeri 8 Salatiga yang berjumlah 30 siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 15 siswi perempuan. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklusnya melalui beberapa tahapan diantaranya adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data yang digunakan peneliti adalah membandingkan pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan ditandai dengan peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran secara Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMPN 08 Salatiga materi sistem ekskresi manusia. Peningkatan hasil belajar ini dilihat dari hasil evaluasi pembelajaran di akhir pembelajaran. Siklus I siswa yang tuntas seabanyak 21 siswa atau 70%, dengan nilai rata-rata 75,5 dan siklus II siswa yang tuntas sebanyak 26 siswa atau 86,6% dengan nilai rata-rata 81,6. Sesuai dengan Indikator Individu, penelitian ini jika siswa mendapat nilai tuntas atau lebih dari 75 mencapai 60 % maka siklus dikatan berhenti. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahapan yaiti dimulai dengan perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observing), dan diakhiri dengan melakukan refleksi (reflecting). Tindakan pada siklus I dan siklus II dilaksanakan dalam satu pertemuan pembelajaran, jika siklus I telah dilaksanakan maka akan dianalisis dan kemudian melanjutkan kegiatan pembelajaran pada siklus II. Dari analisis kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan, jika banyak siswa lebiuh dari 60% mendapatkan nilai diatas KKM, maka siklus dapat berhenti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Jul 2022 20:04
Last Modified: 26 Jul 2022 20:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14186

Actions (login required)

View Item View Item