Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi operasi Hitung Perkalian dan Pembagaian Dengan Menggunakan Strategi Index Card Match Pada Siswa Kelas III Di MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo,Salatiga tahun 2016

Devinda, Devinda (2016) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi operasi Hitung Perkalian dan Pembagaian Dengan Menggunakan Strategi Index Card Match Pada Siswa Kelas III Di MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo,Salatiga tahun 2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
Skripsi.pdf

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi Index Card Match dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian pada siswa kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Kota Salatiga terdiri dari 24 siswa yaitu 15 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan . Penelitian dilaksanakan selama 3 Bulan Juni sampai Agustus 2016. Penelitian ini merupakan penelitian tidakan kelas yang terdiri dari III siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan membandingkan pencapaian nilai tiap siklus dengan ditandai adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Berdasarkan hasil Penelitian pada siklus I, II, dan III diperoleh data sebagai berikut: Standar KKM mata pelajaran matematika adalah 70, sebelum menggunakan Index Card Match hanya ada 25% (6 siswa) yang tuntas dan 75% (18 siswa) belum memenuhi standar KKM. Setelah menggunakan Strategi Index Card Match dalam pelajaran Matematika pada siklus I diperoleh data 41,6%(10 siswa) tuntas, dan 58,3% (14 siswa) belum tuntas, pada siklus II diperoleh data 50% (12 siswa) tuntas, dan 50% (12 siswa) belum tuntas, dan pada siklus III diperoleh data 91,6 % (22 siswa) tuntas, dan 8,3 % (2 siswa) belum tuntas. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I sebesar 16,6 %, jika dibandingkan antara siklus I dan siklus II terjadi peningkatan 8,4% dan peningkatan pada siklus II ke siklus III adalah 41,6%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Apr 2017 03:49
Last Modified: 06 Apr 2017 03:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1419

Actions (login required)

View Item View Item