PEMBINAAN KETAATAN BERIBADAH DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MTs DARUL ULUM SURUH TAHUN AJARAN 2021/2022

maryani, siska (2022) PEMBINAAN KETAATAN BERIBADAH DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MTs DARUL ULUM SURUH TAHUN AJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SISKA MARYANI 23010170095 REVISI fix 2.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembinaan ketaatan beribadah dan kepercayaan diri siswa MTs Darul Ulum, serta faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan ketaatan beribadah dan kepercayaan diri siswa MTs Darul Ulum Suruh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dengan sumber data primer yang meliputi kepala sekolah, guru mata pelajaran PAI, guru BK, dan peserta didik kelas IX di MTs Darul Ulum Suruh. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan ketaatan beribadah dilakukan dengan strategi pembiasaan, keteladanan, penegakan aturan, dan pengajaran. Untuk membina kepercayaan diri dilakukan dengan pendataan bakat minat yang disalurkan ke ekstrakurikuler, penggunaan metode pembelajaran yang variatif, dan melakukan layanan konseling perorangan. Sedangkan faktor pendukung pembinaan ketaatan beribadah siswa yaitu sarana dan prasarana, guru, banyaknya siswa yang bermukim di pondok pesantren, ketegasan guru. Faktor penghambatnya yaitu keterlambatan siswa, kurangnya kesadaran siswa, lingkungan, internet dna media sosial. Untuk pembinaan kepercayaan diri faktor pendukungnya adalah minat dan motivasi siswa, pelatih yang kompeten, fasilias sekolah. Sedangkan faktor penghambat pembinaan kepercayaan diri siswa yaitu tidak semua siswa ikut ekstrakurikuler, rasa takut dan pesimis siswa, kurang interaksi.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Jul 2022 21:42
Last Modified: 26 Jul 2022 21:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14194

Actions (login required)

View Item View Item