PENGARUH MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) DIPADUKAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI TEKANAN ZAT KELAS VIII MTsS ASY-SYARIFAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Novita, Risa (2022) PENGARUH MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) DIPADUKAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI TEKANAN ZAT KELAS VIII MTsS ASY-SYARIFAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Risa Novita 23060180004.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Risa Novita 23060180004.pdf

Download (9MB)

Abstract

Novita, Risa. 2022. Pengaruh Model Predict Observe Explain (POE) Dipadukan Metode Pembelajaran Eksperimen terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Tekanan Zat Kelas VIII MTsS Asy-Syarifah Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Erna Risfaula Kusumawati, M.Si. Kata Kunci: Pengaruh; Predict Observe Explain (POE); Eksperimen; Hasil Belajar IPA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Predict Observe Explain (POE) dipadukan metode pembelajaran eksperimen terhadap hasil belajar siswa materi tekanan zat kelas VIII MTsS Asy-Syarifah Brumbung Mranggen Demak tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis quasi experiment. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data hasil tes. Data tes berupa soal pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembeda. Soal yang telah diuji keabsahannya akan digunakan sebagai soal pre-test post-test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji sample t test, uji regresi linier sederhana dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan, nilai rata-rata kelas kontrol pada pre-test sebesar 48,96 dan post-test sebesar 62,77. Nilai rata-rata kelas eksperimen pada pre-test adalah sebesar 52,10 dan post-test sebesar 80,24. Berdasarkan hasil analisis data uji independent sample t test diperoleh nilai signifikansi 0,000<0,05 dan nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 5,743 > 1,691 yang artinya terdapat perbedaan rata-rata antara hasil belajar kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Uji regresi linier sederhana menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,034<0,05 dengan persamaan regresinya Y= 62,050+0,345 dan nilai koefisien determinasi sebesar 83%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model POE dipadukan metode pembelajaran eksperimen terhadap hasil belajar siswa materi tekanan zat pada kelas VIII MTsS Asy-Syarifah. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi untuk menjadi salah satu referensi lanjutan kepada penelitian yang berfokus pada model pembelajaran POE.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Jul 2022 04:34
Last Modified: 26 Jul 2022 22:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14200

Actions (login required)

View Item View Item