PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN FLIP PDF PROFESSIONAL BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA POKOK BAHASAN BARISAN DAN DERET

SAPUTRO, DIMAS KURNIAWAN (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN FLIP PDF PROFESSIONAL BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA POKOK BAHASAN BARISAN DAN DERET. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Dimas Kurniawan Saputro_23070170124_Tadris Matematika.pdf

Download (4MB)

Abstract

Saputro, Dimas Kurniawan. 2022. Pengembangan E-Modul berbantuan Flip PDF Professional berbasis Pendekatan RME pada Pokok Bahasan Barisan dan Deret. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Tadris Matematika. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Wulan Izzatul Himmah, M.Pd. Kata Kunci : E-modul, Barisan dan Deret. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran yang valid dan praktis untuk digunakan sebagai salah satu sumber belajar. Media pembelajaran tersebut berupa e-modul matematika berbasis pendekatan RME pada materi barisan dan deret yang diujicobakan pada siswa kelas VIII SMP Plus Daarul Ahgaff Bringin Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (Research and Developmen) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada model pengembangan ADDIE terdapat 5 tahap, yang pertama Analysis. Tahap Analysis meliputi identifikasi permasalahan di lapangan, tahap Design meliputi menyusun materi dan media, tahap Development meliputi pembuatan produk dan validasi, tahap Implementation meliputi uji coba respon siswa dan guru matematika, dan terakhir tahap Evaluation meliputi evaluasi semua kegiatan yang telah dilakukan. Hasil analisis media pembelajaran berupa e-modul matematika berbasis pendekatan RME pada pokok bahasan barisan dan deret yang dikembangkan dengan menggunakan software flip PDF professional, corel draw, ms.word, dan powtoon yaitu validasi oleh ahli media diperoleh nilai sebesar 3,60 dengan kategori “valid”, sedangkan validasi oleh ahli materi diperoleh nilai sebesar sebesar 3,00 dengan kategori “cukup valid”. Pada analisis hasil respon siswa kelas VIII SMP Plus Daarul Ahgaff diperoleh persentase hasil sebesar 90,03% dengan kategori “Sangat Praktis” dan hasil respon guru matematika sebesar 95% dengan kategori “Sangat Praktis”, sehingga dapat diambil kesimpulan media pembelajaran ini praktis digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Jul 2022 03:04
Last Modified: 27 Jul 2022 20:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14213

Actions (login required)

View Item View Item