Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Materi Masalah-Masalah Sosial di Lingkungan Setempat Melalui Pendekatan CTL pada Siswa Kelas IV MI Ma’arif Bangkok Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran2015/2016

Khasanah, Arifatulia (2016) Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Materi Masalah-Masalah Sosial di Lingkungan Setempat Melalui Pendekatan CTL pada Siswa Kelas IV MI Ma’arif Bangkok Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran2015/2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
SKRIPSI ARIFATULIA KHASANAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar IPS materi masalah-masalah sosial di lingkungan setempat pada siswa Kelas IV MI Ma’arif Bangkok Karanggede dan untuk mengetahui peningkatan KKM kelas IPS materi masalah-masalah sosial di lingkungan setempat pada siswa kelas IV MI Ma’arif Bangkok Karanggede. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV yang berjumlah 14 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data diambil dari hasil pos test, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus presentase = frekuensi : jumlah siswa x 100. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui penggunaan pendekatan CTL materi masalah-masalah sosial dilingkungan setempat mengalami peningkatan. Pada tahap pra siklus memperoleh nilai rata-rata 53. Pada siklus I nilai rata-rata meningkat 63. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat 75. Penerapan pendekatan CTL juga dapat Peningkatan ketuntasan pencapaian nilai yaitu Pada siklus I jumlah siswa yang yang tuntas meningkat 57% atau 8 siswa, yang semula hanya 36% atau 6 siswa. Pada siklus II meningkat 100% atau 14 siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Apr 2017 06:41
Last Modified: 06 Apr 2017 06:41
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/1422

Actions (login required)

View Item View Item