PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI CABANG IMAN MELALUI MODEL TIME TOKEN ARENDS DAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS X DI SMK N 1 TENGARAN TAHUN AJARAN 2021/2022

pratiwi, lia intan (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI CABANG IMAN MELALUI MODEL TIME TOKEN ARENDS DAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS X DI SMK N 1 TENGARAN TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI FINAL ALHAMDULILLAH LIA INTAN PRATIWI 23010180059.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pratiwi, Lia Intan. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Materi Cabang Iman Melalui Model Time Token Arends dan Mind Mapping Pada Siswa Kelas X di SMK N 1 Tengaran Tahun Ajaran 2021/2022. Tahun 2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M. Si Kata kunci: hasil belajar, Pendidikan Agama Islam, time token arends, mind mapping Penelitian ini mengkaji tentang penerapan model pembelajaran time token arends dan mind mapping yang berkaitan dengan hasil belajar peserta didik. Dalam penelitian ini dapat dijabarkan tentang peningkatan hasil belajar materi cabang iman pada siswa kelas X di SMK N 1 Tengaran. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui penerapan model time token arends dan mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi cabang iman pada kelas X di SMK N 1 Tengaran tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TJKK I dengan jumlah 18 siswa. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan di SMK N 1 Tengaran dijelaskan bahwasannya model pembelajaran time token arends dan mind mapping yang telah diterapkan dalam pembelajaran selama dua siklus, mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti materi cabang iman (syu’abul iman) di kelas X TJKK 1 tahun ajaran 2021/2022. Peningkatan hasil belajar dapat dibuktikan dengan nilai siswa yang telah mencapai KBM yang telah ditentukan sebesar 77, hal ini dapat dilihat selama pra siklus hingga siklus II berlangsung siswa terus mengalami peningkatan. Pada pra siklus yang semula terdapat 10 siswa atau 55,5 % yang tuntas dari KBM, kemudian pada siklus I terjadi peningkatan jumlah siswa yang memperoleh nilai diatas KBM yaitu sebanyak 15 siswa atau 72,2 % dan pada siklus II sebanyak 16 siswa atau 88,8 % yang telah mencapai KBM. Melihat data yang telah diperoleh selama pembelajaran berlangsung, penelitian yang dilaksanakan pada siswa kelas X TJKK I di SMK N 1 Tengaran tahun ajara 2021/2022 dinyatakan berhasil.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Jul 2022 21:08
Last Modified: 28 Jul 2022 14:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14221

Actions (login required)

View Item View Item