ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PESERTA DIDIK SMP MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA TAHUN AJARAN 2021/ 2022

Musfita, Dwi (2022) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PESERTA DIDIK SMP MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA TAHUN AJARAN 2021/ 2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
DWI MUSFITA 23070180046_compressed.pdf

Download (4MB)

Abstract

Musfita, Dwi. 2022.Analisis Pemahaman Konsep Matematis pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII Ditinjau dari Jenis Kelamin Peserta Didik SMP Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun Ajaran 2021/ 2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Winarno, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Analisis; Pemahaman Konsep Matematis; Jenis Kelamin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep matematis pada materi relasi dan fungsi peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan kelas VIII SMP Muhammadiyah Plus Salatiga tahun ajaran 2021/ 2022. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil tes, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII SMP Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun Ajaran 2021/ 2022. Menggunakan teknik purposive sampling terpilih 6 peserta didik dari 21 responden kelas VIII-Imam Tirmidzi yang berjumlah 32 peserta didik. Hasil dari analisis pemahaman konsep matematis pada materi relasi dan fungsi peserta didik laki-laki maupun perempuan dengan kategori pemahaman konsep tinggi memenuhi 7 dari 7 indikator pemahaman konsep matematis dan mampu menjawab pertanyaan dengan tepat dan rinci. Peserta didik dengan kategori pemahaman konsep sedang memenuhi 6 dari 7 indikator pemahaman konsep matematis, mampu menjawab pertanyaan dengan baik namun masih kurang rinci. Peserta didik dengan pemahaman konsep matematis cukup memenuhi 4 dari 7 indikator pemahaman konsep matematis, mampu menjawab pertanyaan dengan baik akan tetapi konsep kurang tepat.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Jul 2022 16:07
Last Modified: 29 Jul 2022 09:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14229

Actions (login required)

View Item View Item