IMPLEMENTASI KARAKTER RELIGIUS DAN PENDIDIKAN HUMANISME PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA TAHUN AJARAN 2021/2022

PRATAMA, BANGKIT WAHYU (2022) IMPLEMENTASI KARAKTER RELIGIUS DAN PENDIDIKAN HUMANISME PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
BANGKIT 23010150159.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki empat tujuan yaitu: 1) Mengetahui Implementasi Karakter Religius Pada Siswa SMP Muhammadiyah Salatiga. 2) Mengetahui Implementasi Pendidikan Humanisme Pada Siswa SMP Muhammadiyah Salatiga 3) Mengetahui Hambatan dan Solusi Implementasi Karakter Religius Pada Siswa SMP Muhammadiyah Salatiga 4) Mengetahui Hambatan dan Solusi Implementasi Pendidikan Humanisme Pada Siswa SMP Muhammadiyah Salatiga Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari sumber data primer yang berasal dari observasi dan wawancara pada Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Guru dan siswa. Sumber data sekunder yang berasal dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada penelitian ini informasi diperoleh dari Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Guru, dan siswa SMP Muhammadiyah Salatiga. Hasil penelitian adalah sebagai berikut, 1) implementasi karakter religius pada siswa SMP Muhammadiyah Salatiga yakni berdoa sebelum belajar, membaca surat pendek, membaca Asma’ul Husna, mengaji bersama dari jenjang Iqro’ sampai Al-Qur’an, Sholat Dzuhur berjamaah, Sholat Dhuha, Kultum (khusus pada bulan Ramadhan). Kegiatan ekstrakurikulernya yakni Tahfidz, Tilawah, Tapak Suci, Hisbul Waton. 2) Implementasi pendidikan humanisme pada siswa SMP Muhammadiyah Salatiga adalah Jum’at bersih, bakti sosial, infaq Jum’at, berbagi takjil (khusus pada bulan Ramadhan). Kegiatan ekstrakulikulernya yaitu IPM (Ikatan Pemuda Muhammadiyah), Tapak Suci, PMR. 3) Hambatan dan solusi implementasi karakter religius pada siswa SMP Muhammadiyah Salatiga yakni kurangnya disiplin siswa dalam menjalankan kegiatan dan faktor lingkungan keluarga yang kurang mendukung pembetukan karakter religius siswa. Solusinya adalah memberikan pendampingan pada siswa serta memberikan bimbingan secara langsung maupun dimasukkan dalam pembelajaran yang disampaikan di dalam kelas. 4) Hambatan dan solusi implementasi pendidikan humanisme siswa SMP Muhammadiyah Salatiga yakni kurangnya antusias ataupun semangat siswa dalam melakukan beberapa kegiatan. Solusinya adalah Bapak/Ibu guru selalu memberikan motivasi dan bimbingan agar siswa kembali semangat.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Jul 2022 16:31
Last Modified: 29 Jul 2022 12:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14233

Actions (login required)

View Item View Item