PEMBINAAN KEDISIPLINAN BERIBADAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA MADRASAH ALIYAH MIR’ATUL MUSLIMIEN NGAMBAKREJO KECAMATAN TANGGUNGHARJO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2020/2021

YAQIN, ANDI NAFI ALAMUL (2022) PEMBINAAN KEDISIPLINAN BERIBADAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA MADRASAH ALIYAH MIR’ATUL MUSLIMIEN NGAMBAKREJO KECAMATAN TANGGUNGHARJO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Andi Nafi Alamul Yaqin 23010150078.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu: 1) Mengetahui pembinaan kedisiplinan beribadah pada siswa MA Mir’atul Muslimien Ngambakrejo.2) Mengetahui pembinaan kemandirian belajar pada siswa MA Mir’atul Muslimien Ngambakrejo. 3) Mengetahui bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat dalam Pembinaan kedisiplinan beribadah dan kemandirian belajar pada siswa MA Mir’atul Muslimien Ngambakrejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh berasal dari sumber data primer yang berasal dari observasi dan wawancara pada kepala sekolah, waka kesiswaan, guru dan siswa. sumber data sekunder yang berasal dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. pada penelitian ini informasi diperoleh dari kepala sekolah, waka kesiswaan, guru, dan siswa MA Mir’atul Muslimien Ngambakrejo. Hasil penelitian adalah sebagai berikut, 1) Pembinaan kedisiplinan beribadah di MA Mir’atul Muslimien Ngambakrejo dengan kegiatan rutin pembacaan asmaul husna di awal pembelajaran, wajib melaksanakan shalat berjama’ah, kegiatan mujahadah rutin menjelang ujian. 2) pembinaan kemandirian belajar di MA Mir’atul Muslimien Ngambakrejo dengan memberikan penugasan harian kepada Siswa, Memberikan ruang diskusi mandiri untuk siswa, Memberikan kesempatan siswa untuk presentasi di kelas. 3) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembinaan kedisiplinan beribadah dan kemandirian belajar di MA Mir’atul Muslimien Ngambakrejo faktor pendukungnya adalah adanya kesadaran dari diri siswa maupun guru tentang pentingnya kedisiplinan beribadah dan kemandirian belajar,serta sikap religiusitas yang dimiliki siswa sehingga membantu proses pembinaan. Faktor penghambatnya adalah permasalahan tentang fasilitas yang sudah berumur yang membuat siswa kurang nyaman dalam belajar.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Jul 2022 18:59
Last Modified: 29 Jul 2022 18:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14239

Actions (login required)

View Item View Item