PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) BERBANTU MEDIA VIDEO INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN IPS TEMA 7 SUBTEMA 1 MATERI PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH KELAS VDI SDN 2 NGLANGITAN BLORATAHUN AJARAN 2021/202

ISTI'ANI, ZULFA (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) BERBANTU MEDIA VIDEO INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN IPS TEMA 7 SUBTEMA 1 MATERI PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH KELAS VDI SDN 2 NGLANGITAN BLORATAHUN AJARAN 2021/202. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
ZULFA ISTI'ANI 23040180066 JADI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan hasil belajar menggunakan metode NHT (Number Head Together) berbantu media video interaktif terhadap muatan pelajaran IPS tema 7 subtema 1 materi perjuangan melawan penjajah pada siswa kelas V di SDN 2 Nglangitan Blora tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya terdapat rangkaian kegiatan masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal dan Ketuntasan Individual. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajran NHT (Number Head Together) berbantu media video interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil siklus sebelum menggunakan metode pembelajaran NHT (Number Head Together) dan media video interaktif dari semua siswa hanya 30% siswa yang tuntas atau mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada siklus I menunjukkan bahwa siswa mencapai ktireria ketuntasan klasikal 60% dengan nilai rata-rata 73, sedangkan pada tindakan siklus II Kriteria Ketuntasan Klasikal sebesar 100% dengan nilai rata-rata 91. Dari data tersebut menunjukkan bahwa perolehan nilai dari pra siklus sampai dengan siklus II meningkat dengan nilai rata-rata pra siklus 53 menjadi 91 pada siklus II, dari kriteria ketuntasan 30% menjadi 100%. Dengan demikian Penelitian Tindakan Kelas ini dikatakan berhasil.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Jul 2022 21:04
Last Modified: 29 Jul 2022 21:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14243

Actions (login required)

View Item View Item