HUBUNGAN ANTARA SIKAP ILMIAH DENGAN HASIL BELAJAR IPA MATERI POKOK KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KRADENAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Fadilah, Aulia Isnaini Nurul (2022) HUBUNGAN ANTARA SIKAP ILMIAH DENGAN HASIL BELAJAR IPA MATERI POKOK KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KRADENAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
AULIA ISNAINI NURUL FADILAH_23060180065.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Fadilah, Aulia Isnaini Nurul. 2022. Hubungan Antara Sikap Ilmiah Dengan Hasil Belajar IPA Materi Pokok Klasifikasi Materi Dan Perubahannya Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kradenan Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. Kata Kunci: Sikap Ilmiah; Hasil Belajar; Klasifikasi Materi dan Perubahannya Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan sikap ilmiah materi pokok klasifikasi materi dan perubahannya pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kradenan (2) mendeskripsikan hasil belajar IPA materi pokok klasifikasi materi dan perubahannya pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kradenan (3) mengetahui hubungan antara sikap ilmiah dengan hasil belajar IPA materi pokok klasifikasi materi dan perubahannya pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kradenan. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif dengan metode korelasional.Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kradenan.Populasi dari jumlah keseluruhan subyek penelitian yaitu kelas VII SMP Negeri 1 Kradenan tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah sebanyak 192 siswa.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak atau random sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket sikap ilmiah, soal tes hasil belajar siswa,dan dokumentasi.Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji prasayarat yaitu menggunakan uji normalitas dan linieritas sedangkan uji hipotesis atau uji hubungan menggunakan uji correlation product moment kemudian dilanjut dengan uji koefisien determinasi dan uji signifikansi. Berdasarkan analisis data yang sudah dilakukan hasil penelitian ini diperoleh bahwa (1) Sikap ilmiah siswa terhadap hasil belajar IPA materi pokok klasifikasi materi dan perubahannya pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kradenan paling banyak berada pada kategori sangat tinggi yaitu sebanyak 47% atau 61 responden (2) Hasil belajar IPA materi pokok klasifikasi materi dan perubahannya pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kradenan paling banyak berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 26% atau 34 responden (3) Hubungan antara sikap ilmiah dengan hasil belajar IPA memiliki korelasi positif signifikan diperoleh dari nilai t-hitung 5,435 lebih besar dari t tabel yaitu 1,978 dan nilai uji correlation product momentsebesar 0,433 lebih besar dari r tabel yaitu 0,1722 yang terdapat pada kategori sedang, maka dugaan adanya hubungan antara sikap ilmiah dengan hasil belajar IPA yang dikemukakan peneliti terbukti secara empiris

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu murni
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Jul 2022 21:08
Last Modified: 29 Jul 2022 14:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14244

Actions (login required)

View Item View Item