STRATEGI PEMBINAAN KEDISIPLINAN BERIBADAH DAN SIKAP SANTUN PADA PESERTA DIDIK MTS AL-BIDAYAH KECAMATAN BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022

Aisy, Rifda Tsania Rihhadati (2022) STRATEGI PEMBINAAN KEDISIPLINAN BERIBADAH DAN SIKAP SANTUN PADA PESERTA DIDIK MTS AL-BIDAYAH KECAMATAN BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
RIFDA TSANIA RIHHADATI AISY 23010180252.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tsania, Rifda Rihhadati Aisy. 2022. Strategi Pembinaan Kedisiplinan Beribadah dan Sikap Santun pada Peserta Didik MTs Al-Bidayah Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang Tahun 2021/2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Marwanto, M.Pd. Kata Kunci: Pembinaan, Kedisiplinan Beribadah, Santun Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana strategi pembinaan kedisiplinan beribadah dan sikap santun pada peserta didik di MTs Al- Bidayah Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang tahun 2021/2022 serta yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dari strategi pembinaan kedisiplinan beribadah dan sikap santun pada peserta didik MTs Al-Bidayah. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan oleh penulis berupa data primer dan sekunder yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik triangulasi. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi yang dibedakan menjadi triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini berupa, proses pembinaan yang dilakukan menggunakan prinsip manajemen yang terstruktur. Bahwasannya strategi pembinaan yang dilaksanakan dalam menanamkan kedisiplinan beribadah dan sikap santun pada peserta didik MTs Al-Bidayah Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang yakni menggunakan beberapa tahapan yaitu, pendekatan antar individu, penyadaran, pembiasaan ,teladan, pengawasan, dan menjadi karakter. Proses tahapan strategi tersebut menjadikan peserta didik MTs Al-Bidayah Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang mampu membiasakan kebiasaan-kebiasan luhur, seperti kedisiplinan beribadah dan bersikap santun pada setiap pribadi peserta didik di setiap harinya. Terutama di lingkungan MTs Al-Bidayah Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Dengan harapan dapat menjadikan kebiasaan dan budaya luhur di masa depan. Strategi tersebut diharapkan menghasilkan sebuah bentuk kegiatan yang menjadikan peserta didik di MTs Al-Bidayah Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang mampu mengimplementasikan kedisiplinan nilai-nilai agama dan sikap santun dalam perilaku sehari-hari, dengan faktor pendukungnya adalah penggunaan prinsip manajemen, kerjasama, kegiatan yang terstruktur, dukungan finansial, perkembangan teknologi, sarana dan prasarana sekolah, pemberian nasehat dan figur masyarakat di lingkungan sekolah, niat dan kemauan, sedangkan faktor penghambat dapat dilihat berupa perbedaan latar belakang pendidikan sebelumnya, perbedaan pendapat, tingkat kemauan antar peserta didik, teknologi yang disalah gunakan, serta sumber daya manusia yang kurang maksimal.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Jul 2022 21:13
Last Modified: 29 Jul 2022 21:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14245

Actions (login required)

View Item View Item