PENGEMBANGAN E-MODUL TERINTEGRASI LITERASI BAHASA MELALUI EXE-LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN

Aufa, Ahmad Jaza Al (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL TERINTEGRASI LITERASI BAHASA MELALUI EXE-LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
2022_TESIS_JAZA AL AUFA_FIKSSSS.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran e-modul terintegrasi literasi bahasa melalui exe-learning pada pembelajaran tematik di MI Asas Islam Kalibening Kota Salatiga. Manfaat penelitian ini adalah sebagai masukan pengembangan e-modul agar media digital yang kekinian dan inovatif, serta dapat meningkatkan kemampuan literasi bahasa peserta didik yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R & D) metode pengembangan media ini menggunakan modifikasi langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang terdiri dari tiga tahapan utama, yaitu 1) tahap studi pendahuluan, 2) tahap pengembangan, 3) tahap pengujian. Jenis instrumen yang digunakan adalah angket, lembar catatan saran. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji kelayakan / validasi dari ahli media mendapatkan jumlah prosentase rata-rata sebanyak 87,5 % dan ahli materi sebanyak 80,0%. Berdasarkan hasil dari masing-masing validator menunjukkan bahwa e-modul terintegrasi literasi bahasa melalui exe-learning pada pembelajaran tematik tema peristiwa dalam kehidupan materi perubahan wujud benda layak untuk digunakan. Uji efektifitas menggunakan program SPSS, menunjukkan nilai t hitung sebesar -14.892, dengan Sig. (2-tailed) nilai sebesar 0.000 < 0.005, maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan e-modul terintegrasi literasi bahasa dengan hasil belajar yang menggunakan modul cetak yang belum terintegrasi literasi bahasa. Dengan demikian e-modul terintegrasi literasi bahasa melalui exe-learning pembelajaran tematik tema peristiwa dalam kehidupan efektif dapat meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci : E-modul, Exe-Learning, Integrasi Literasi Bahasa, Perubahan wujud benda, R&D

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Jul 2022 21:23
Last Modified: 29 Jul 2022 21:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14247

Actions (login required)

View Item View Item