PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART AND MATHEMATICS (STEAM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG BUNYI DI MTs NURUL HUDA GLADAGSARI BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

pujiati, (2022) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART AND MATHEMATICS (STEAM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG BUNYI DI MTs NURUL HUDA GLADAGSARI BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
PUJIATI-23060170037-REVISI SKRIPSI.pdf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berfikir kreatif siswa kelas VIII MTs Nurul Huda Gladagsari pada mata pelajaran IPA konsep getaran dan gelombang bunyi melalui model Project based learning (PjBL) berbasis Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics (STEAM). Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Nurul Huda Gladagsari, dengan jumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dimana terdapat dua kali pertemuan pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk tingkat berfikir kreatif adalah 75.00%. Sedangkan untuk hasil lembar kerja proyek berfikir kreatif adalah 70.00. Peserta didik terlibat secara aktif baik fisik, mental, maupun sosial dalam proses kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Project based learning (PjBL) berbasis Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics (STEAM) dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa kelas VIII MTs Nurul Huda Gladagsari pada mata pelajaran IPA konsep getaran dan gelombang bunyi. Melalui hasil data dari kemampuan berfikir kreatif siklus I diperoleh rata rata 50.57% sedangkan siklus II diperoleh rata rata 75.26% yang terjadi peningkatan sebesar 24.69%. Peningkatan ini mengacu pada keberhasilan siswa dalam berfikir kreatif yaitu Fluency (keterampilan berpikir lancar), Flexibility (keterampilan berpikir luwes), Originality (keterampilan berpikir orisinil) dan Elaboration (keterampilan memperinci). Sedangkan pada hasil lembar kerja proyek berfikir kreatif diperoleh hasil rata-rata pada siklus I adalah 62.47 dan siklus II adalah 75.02, maka terjadi peningkatan sebesar 12.55. Peningkatan ini mengacu pada keberhasilan siswa dalam menjalankan proyek penerapan model Project based learning (PjBL) berbasis Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics (STEAM). Dimana penggunaanya mampu menunjang keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kreatif siswa, literasi sains dengan digital online. Sebagimana pembelajaran dapat digunakan untuk inovasi dalam proses pembelajaran sains di abad 21. Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis pada penelitian diterima.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Aug 2022 13:05
Last Modified: 02 Aug 2022 14:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14260

Actions (login required)

View Item View Item