PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN METODECERITA BERBASIS KEARIFAN LOKAL GUSJIGANG MELAUI MEDIA FILMORA 9

Sukri, Moh (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN METODECERITA BERBASIS KEARIFAN LOKAL GUSJIGANG MELAUI MEDIA FILMORA 9. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sukri, Moh. Pengembangan Bahan Ajar Dengan Metode Cerita Berbasis Kearifan Lokal Gusjigang Melalui Media Filmora 9. Tesis. Program Magister Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Maslikhah, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi analisis kebutuhan dalam produksi bahan ajar, langkah-langkah pembuatan bahan ajar, kualitas produk dan fasilitas, serta tingkat keefektifan produk. Gusjigang MAPEL IPS adalah pola pikir yang menganut perbedaan ras dan budaya kelas IV Madrasah Ibtidaiyah NU Ittihadul Falah Kedungdowo, Kaliwungu, Kabupaten Kudus. Metode yang digunakan dalam penelitian Research and Development (R&D). Untuk membuat produk tertentu digunakan penelitian yang mencakup analisis kebutuhan dan pengecekan kelayakan suatu produk. Penelitian ini dibagi menjadi tiga tahap untuk menilai keefektifan pembelajaran lokal, yang meliputi: 1) Untuk menentukan model pembelajaran karakter saat ini, tahap pendahuluan (penelitian) adalah deskriptif kualitatif; 2) Penyusunan desain model, validasi model 1 (pakar / pakar), dan validasi model 2 (praktisi) melalui FGD (Focus Group Discussion) untuk menghasilkan model hipotetis merupakan bagian dari tahap desain pengembangan (pengembangan); 3) Tahap uji coba skala terbatas (diseMadrasah Ibtidaiyahnasi), yang berujung pada produksi model akhir sebagai produk jadi dan publikasi. Hasil penelitiannya adalah 1) Penilaian validasi dari ahli materi sikap menerima keragaman suku bangsa dan budaya termasuk dalam kategori valid dan sangat layak untuk digunakan; 2) Validator ahli media mengomentari tiga aspek, yaitu a) Media dalam pembuatan video filmora 9 dalam menunjang pembelajaran digunakan untuk pembelajaran menggunakan skenario cerita dalam materi menerima keragaman suku bangsa dan budaya, materi disesuaikan dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar; b) Hendaknya menampakkan media audio visual dalam pembelajaran, sehingga tampilan lebih menarik dan memotivasi siswa untuk mempelajari lebih banyak; 3) Penilaian dalam uji kelayakan pada skala terbatas terhadap media pembelajaran masuk dalam kategori layak untuk digunakan; 4) Pengembangan bahan ajar dengan metode cerita berbasis kearifan lokal gusjigang melalui media filmora 9 dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi sikap menerima keragaman suku bangsa dan budaya secara efektif. Kata Kunci: Bahan Ajar, Metode Cerita, Kearifan Lokal Gusjigang, Media Filmora 9

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Aug 2022 18:00
Last Modified: 02 Aug 2022 18:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14266

Actions (login required)

View Item View Item