EFEKTIVITAS MODEL INQUIRY BASED LEARNING BERBANTUAN PICTORIAL RIDDLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI TATA SURYA SISWA KELAS VII MTsN 1 SIDOARJO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Roselina, Adin Eka (2022) EFEKTIVITAS MODEL INQUIRY BASED LEARNING BERBANTUAN PICTORIAL RIDDLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI TATA SURYA SISWA KELAS VII MTsN 1 SIDOARJO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
ADIN EKA R 23060170069 FIX!.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Roselina, Adin Eka. 2021. Efektivitas Model Inquiry Based Learning Berbantuan Pictorial Riddle Terhadap Hasil Belajar Materi Tata Surya Siswa Kelas VII MTsN 1 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2020/2021. Program Studi: Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Prof. Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. Kata Kunci: efektivitas; inquiry based learning; pictorial riddle. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi hasil belajar IPA materi tata surya menggunakan model pembelajaran inquiry based learning berbantuan pictorial riddle siswa kelas VII di MTsN 1 Sidoarjo dan mengetahui efektivitas model inquiry based learning berbantuan pictorial riddle terhadap hasil belajar IPA materi tata surya pada siswa kelas VII di MTsN 1 Sidoarjo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi experimental. Pelaksanaan penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 1 Sidoarjo. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan kelas VII C sebagai kelas control dan kelas VII G sebagai kelas eksperimen. Instrument yang digunakan adalah soal yang diuji dengan keabsahannya dengan uji validasi, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Adapun metode pengambilan data yaitu dengan pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan menggunakan program SPSS yaitu dengan uji normalitas dan uji mann whitney. Hasil penilitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA saat pretest di kelas control didapatkan nilai mean 59.38, modus 60, dan median 60. Sedangkan posttest nilai mean 85.94, modus 100, median 90. Kemudian kelas eksperimen nilai pretest mean sebesar 61.25, modus 60, median 60. Sedangkan posttest nilai mean 94.69, modus 100, dan median 100. Hasil uji mann whithney menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.00, maka hasil hipotesis Ha diterima atau model inquiry based learning berbantuan pictorial riddle efektif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII MTsN 1 Sidoarjo.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Aug 2022 20:37
Last Modified: 04 Aug 2022 10:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14276

Actions (login required)

View Item View Item