PEMBINAAN KEAGAMAAN DAN LOYALITAS KERJA KARYAWAN RUMAH MAKAN AYAM GEPREK SAKO SRAGEN TAHUN 2021

Agustina, Kristin (2022) PEMBINAAN KEAGAMAAN DAN LOYALITAS KERJA KARYAWAN RUMAH MAKAN AYAM GEPREK SAKO SRAGEN TAHUN 2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Kristin Agustina 23010170069.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Agustina, Kristin. 2021. Pembinaan Keagamaan Dan Loyalitas Kerja Karyawan Rumah Makan Ayam Geprek Sako Sragen Tahun 2021. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Imam Mas Arum, M.Pd. Kata Kunci: Pembinaan Keagamaan, Loyalitas Kerja, Karyawan Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana pembinaan keagamaan di rumah makan Ayam Geprek Sako Sragen, bagaimana loyalitas kerja karyawannya, serta apa problematika dan solusi dalam pembinaan keagamaan dan loyalitas kerja karyawan Ayam Geprek Sako Sragen. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif yang pendekatannya menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan merupakan observasi untuk mengamati objek penelitian, wawancara untuk mendapatkan data dari responden, dan dokumentasi sebagai bukti dari penelitian. Subjek dalam penelitian ini yaitu karyawan dan manager rumah makan Ayam Geprek Sako Sragen. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Rumah makan Ayam Geprek Sako Sragen telah melakukan pembinaan keagamaan pada karyawan dengan berbagai kegiatan pembiasaan dan kajian rutin. Kegiatan kajian rutin yang mendatangkan seorang ustadz untuk memberi materi. Untuk pandemi seperti ini kajian ditiadakan sementara. Kegiatan pembiasaan keagamaan yang ada di sana bermacam-macam, diantaranya shalat dhuha, shalat berjamaah, bersedekah sehari minimal seribu rupiah, dan tilawah Qur’an. (2) Loyalitas kerja karyawan rumah makan Ayam Geprek Sako Sragen bisa dikatakan bagus. Hal itu bisa dilihat dari a) tanggungjawab pada pekerjaan, b) taat pada peraturan, c) hubungan antar pribadi yang baik, dan d) kesukaan terhadap pekerjaan. (3) Problematika dalam pembinaan keagamaan tersebut yaitu shalat berjamaah tidak dilaksanakan secara Bersama-sama, ditiadakan sementara kajian pada saat pandemi, dan rasa malas pada diri karyawan utuk mengikuti kegiatan. Untuk solusi yang dapat diberikan yaitu memberlakukan peraturan baru ketika masuk waktu shalat dengan sistem close order ketika waktu shalat, mengadakan kajian melalui aplikasi zoom, dan harus ada komunikasi dua arah antara karyawan dan pihak rumah makan untuk mencari penyebab masalah kemalasan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:40
Last Modified: 03 Aug 2022 23:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14278

Actions (login required)

View Item View Item