BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TERAPI SHALAT DHUHA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTS YAKTI TEGALREJO MAGELANG

yulaikah, (2022) BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TERAPI SHALAT DHUHA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTS YAKTI TEGALREJO MAGELANG. [UNSPECIFIED]

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan gambaran motivasi belajar siswa di MTs Yakti Tegalrejo Magelang 2) mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan kelompok dengan terapi shalat dhuha untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Yakti Tegalrejo Magelang 3) untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa di MTs Yakti Tegalrejo Magelang setelah dilakukannya bimbingan kelompok dengan terapi shalat dhuha. Jenis penelitian adalah kuantitatif eksperimen menggunakan pretest-posttest control group design. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 15 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 15 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Instrument penelitian ini berupa angket atau kuesioner dan diberi skor dengan model skala likert. Instrument terlebih dahulu diuji dengan uji validitas menggunakan rumus product moment dari Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program IBM SPSS 26. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Dari hasil perhitungan menggunakan bantuan program IBM SPSS 26, dapat diketahui motivasi belajar siswa di MTs Yakti Tegalrejo Magelang berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata atau mean 94,20 2) Pemberian perlakuan atau treatment untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Yakti Tegalrejo Magelang yaitu menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan terapi shalat dhuha. Treatment ini dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan pada kelompok eksperimen. Pada pelaksanaan pemberian layanan bimbingan kelompok ini tidak hanya membahas mengenai motivasi belajar saja namun juga praktek dan pembahasan mengenai terapi shalat dhuha untuk meningkatkan motivasi belajar 3) Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai Gain Skor kelompok eksperimen dengan rata-rata 23,2. Dan diperoleh nilai Gain Skor pada kelompok kontrol dengan rata-rata 2,06. Hal ini menunjukkan bahwa nilai Gain Skor kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding kelompok kontrol (23,2 > 2,06). Dan dari hasil uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon diperoleh Asymp. Sig sebesar 0,001 dimana < 0,05 sehingga keputusan hipotesis adalah menolak Ho dan menerima Ha yang artinya bahwa bimbingan kelompok dengan terapi shalat dhuha efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Yakti Tegalrejo Magelang.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? BKI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Aug 2022 04:54
Last Modified: 04 Aug 2022 21:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14289

Actions (login required)

View Item View Item