PENGARUH TINGKATKEDISIPLINAN BELAJAR DI MADRASAH DINIYAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADITS SISWA DI MI NURUL ULUM GADING DS. DUREN KEC. TENGARAN KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Anjarsari, Fredita (2015) PENGARUH TINGKATKEDISIPLINAN BELAJAR DI MADRASAH DINIYAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADITS SISWA DI MI NURUL ULUM GADING DS. DUREN KEC. TENGARAN KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
FREDITA ANJARSARI_PENGARUH TINGKAT KEDISIPLINAN BELAJAR.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui pengaruh tingkat kedisiplinan belajar di Madrasah Diniyah terhadap prestasi belajar Al -Qur‟an Hadits siswa di MI Nurul Ulum Gading Ds. Duren Kec. Tengaran Kab. Semarang Tahun pelajaran 2014/2015. Kedisiplinan merupakan salah satu faktor penting untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan adanya Madrasah Diniyah, diharapkan dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran di sekolah formal khususnya dalam mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Gading. Dalam penelitian ini siswa yang disiplin belajar di Madrasah Diniyah diharapkan memiliki Pestasi Belajar Al-Qur‟an Hadits yang baik. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah pertama, bagaimana tingkat kedisiplinan belajar di madrasah diniyah siswa di MI Nurul Ulum Gading? Kedua, bagaimana prestasi belajar Al-Qur‟an Hadits siswa MI Nurul Ulum Gading tahun pelajaran 2014/2015? Ketiga, adakah pengaruh antara kedisiplinan belajar Al-Qur‟an Hadits siswa di MI Nurul Ulum Gading kec. Tengaran Kab. Semarang tahun pelajaran 2014/2015? Pendekatan yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data denga n menggunakan angket dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa MI Nurul Ulum Gading. Teknik analisis data yang digunakan adalah product moment. Penelitian ini menunjukkan bahwa Dari hasil data di atas tampak bahwa r hitung lebih besar dari r tabel maka Ha diterima, dengan demikian hasil dari 0.634 bila dikonsultasikan dengan harga r tabel pada taraf signifikan 5 % yaitu 0.361dan pada taraf signifikan 1 % r tabel menunjukkan harga sebesar 0.463. Oleh sebab itu, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara tingkat kedisiplinan belajar di Madrasah Diniyah terhadap prestasi belajar Al-Qur‟an Hadits.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2016 03:59
Last Modified: 12 Feb 2016 06:54
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/143

Actions (login required)

View Item View Item