PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X SMK NU ROUDLOTUL FURQON BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Aini, Nur (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X SMK NU ROUDLOTUL FURQON BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI NUR AINI 23070180096.pdf

Download (6MB)

Abstract

Aini, Nur. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Trigonometri Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas X SMK NU Roudlotul Furqon Banyubiru Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Jaka Siswanta, M. Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Problem Based Learning Skripsi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang muncul pada suatu kelas pada mata pelajaran matematika materi Trigonometri yaitu hasil belajar yang rendah dikarena peserta didik yang kurang suka dengan cara mengajar dari gurunya. Sehingga guru perlu menerapkan model atau metode pembelajaran seperti yang penulis usulkan yakni model Problem Based Learning. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi trigonometri pada peserta didik kelas X SMK NU Roudlotul Furqon Banyubiru Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menerapkan Penelitian Tindakan Kelas. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan 2 (dua) siklus denga setiap siklus terdiri dari 4 komponen atau tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan (tindakan), pengamatan, dan evaluasi (refleksi). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan cara observasi dan tes. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi trigonometri pada peserta didik kelas X SMK NU Roudlotul Furqon Banyubiru Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas X SMK NU Roudlotul Furqon Banyubiru dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi trigonometri. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dapat dilihat dari siklus I peserta didik yang tuntas sebanyak 13 peserta didik atau 40.62% dan yang belum tuntas 19 peserta didik atau 59.38%. Sedangkan pada siklus II peserta didik yang tuntas sebanyak 28 peserta didik atau 87.5% dan yang belum tuntas sebanyak 4 peserta didik atau 12.5%. Kriteris ketuntasan klasikal telah tercapai pada siklus II dengan presentase 87.5%. Maka siklus diberhentikan dan dinyatakan berhasil.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Aug 2022 04:25
Last Modified: 06 Aug 2022 04:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14307

Actions (login required)

View Item View Item