PROKRASTINASI AKADEMIK DITINJAU DARI MOTIVASI AKADEMIK, SELF-REGULATED LEARNING, DAN PERSEPSI DUKUNGAN AKADEMIK ORANG TUA PADA MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH IAIN SALATIGA ANGKATAN 2021

Pertiwi, Siti Fian (2022) PROKRASTINASI AKADEMIK DITINJAU DARI MOTIVASI AKADEMIK, SELF-REGULATED LEARNING, DAN PERSEPSI DUKUNGAN AKADEMIK ORANG TUA PADA MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH IAIN SALATIGA ANGKATAN 2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SITI FIAN PERTIWI 43040180012 Psikologi Islam.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi akademik, self-regulated learning, dan persepsi dukungan akademik orang tua terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Salatiga Angkatan 2021. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pengaruh motivasi akademik terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Salatiga Angkatan 2021; (2) Bagaimana pengaruh self-regulated learning terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Salatiga Angkatan 2021; (3) Bagaimana pengaruh persepsi dukungan akademik orang tua terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Salatiga Angkatan 2021; (4) Bagaimana pengaruh motivasi akademik, self-regulated learning, dan persepsi dukungan akademik orang tua secara simultan terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Salatiga Angkatan 2021. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan teknik analisis regresi linier berganda. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Salatiga Angkatan 2021 berjumlah 503 mahasiswa dengan sampel sebanyak 177 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan Skala Prokrastinasi Akademik, Skala Motivasi Akademik, Skala Self-Regulated Learning, dan Skala Persepsi Dukungan Akademik Orang Tua. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh negatif yang signifikan dari motivasi akademik terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa dengan skor thitung -2,850 > ttabel -1,65376; (2) Tidak terdapat pengaruh self-regulated learning terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa dengan skor thitung -0,196 < ttabel -1,65376; (3) Tidak terdapat pengaruh persepsi dukungan akademik orang tua terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa dengan skor thitung -1,110 < ttabel -1,65376; (4) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara motivasi akademik, self-regulated learning, dan persepsi dukungan akademik orang tua secara simultan terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa dengan adjusted R square sebesar 0,138.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Aug 2022 20:32
Last Modified: 11 Nov 2022 17:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14308

Actions (login required)

View Item View Item