PENDEKATAN HUMANISTIK YOUTUBER TERHADAP ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA DI JALANAN (STUDI ISI PADA AKUN "SINAU HURIP" UNGGAHAN PERIODE NOVEMBER 2021)

prabawanti, Aditya (2022) PENDEKATAN HUMANISTIK YOUTUBER TERHADAP ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA DI JALANAN (STUDI ISI PADA AKUN "SINAU HURIP" UNGGAHAN PERIODE NOVEMBER 2021). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI ADITYA PRABAWANTI___.pdf

Download (2MB)

Abstract

Prabawanti Aditya, 2022. Pendekatan Humanistik Youtuber Terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa di Jalanan (Studi isi pada akun “Sinau hurip” Unggahan periode November 2021). Tahun 2022. Skripsi, Salatiga: Program studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing M. Fahrudin Yusuf, M.A Kata kunci: Humanistik, Orang Dengan Gangguan jiwa, Kesehatan mental Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan humanistik dalam konten Youtube Sinau Hurip terhadap orang dengan gangguan jiwa di jalanan dan bagaimana cara pendekatan humanistik yang dilakukan oleh content creator Sinau Hurip terhadap orang dengan gangguan jiwa di jalanan. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif analisis isi yang bersifat deskriptif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode analisis isi untuk megkaji pesan-pesan di media yang akan menghasilkan kesimpulan tentang tren konten, topik, tema, dan lain sebagainya. Lokasi penelitian dilakukan dengan memanfaatkan media daring Youtube pada periode waktu video yang digunakan untuk penelitian adalah pada bulan November 2021. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada pendekatan humanistik di dalam konten youtube Sinau Hurip yang ditunjukan secara langsung maupun secara tersirat dalam adegan dan setiap adegan memiliki makna yang berkaitan dengan teori humanistik. Pemenuhan kebutuhan fisiologis yang berpengaruh terhadap peningkatkan suasana hati dan mengembalikan integritas struktural yang diperlukan untuk fungsi kognitif pada sel-sel otak. Pemenuhan kebutuhan rasa aman berpengaruh untuk menghilangkan ketakutan dan kecemasan, kebutuhan akan kasih sayang berhubungan dengan sentuhan interpersonal, kebutuhan akan penghargaan dapat diberikan dengan cara memberikan dukungan sosial, dan cara untuk mencapai tingkatan aktualisasi diri pada ODGJ dapat dilakukan dengan konseling mendalam dan menggali potensi yang dimiliki.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Aug 2022 18:01
Last Modified: 08 Aug 2022 18:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14315

Actions (login required)

View Item View Item