PENGARUH PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, KOMPETENSI SDM, DAN GAYA KEPEMIMPINAN SPIRITUAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DESA DENGAN AKUNTABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus di Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten)

Nuraini, Fitria (2022) PENGARUH PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, KOMPETENSI SDM, DAN GAYA KEPEMIMPINAN SPIRITUAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DESA DENGAN AKUNTABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus di Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten). [UNSPECIFIED]

[img] Text
63030180011 - Fitria Nuraini - September - 2022 - Skripsi Final.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan sistem pengendalian internal, kompetensi SDM, dan gaya kepemimpinan spiritual terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah desa dengan akuntabilitas sebagai variabel intervening (Studi Kasus di Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bertujuan untuk mendapat hasil dari data lapangan dengan teori yang ada. Sampel diperoleh sebanyak 134 responden yang terdiri dari Kepala Desa dan Seluruh Perangkat Desa SeKecamatan Tulung Kabupaten Klaten dengan teknik sampel jenuh. Data dalam penelitian ini adalah data primer didapat dari responden dengan mengisi kuesioner. Analisis data menggunakan uji instrumen, uji analisis regresi berganda, uji statistik, uji asumsi klasik, dan uji path analysis dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem pengendalian internal dan kompetensi SDM berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas, sedangkan gaya kepemimpinan spiritual berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap akuntabilitas. Sistem pengendalian internal dan kompetensi SDM berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kualitas laporan pemerintah desa. Gaya kepemimpinan spiritual dan akuntabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah desa. Akuntabilitas dapat memediasi pengaruh sistem pengendalian internal dan kompetensi SDM terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah desa. Dan akuntabilitas tidak mampu memediasi pengaruh gaya kepemimpian spiritual terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah desa.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: ?? AKS ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Aug 2022 01:48
Last Modified: 08 Aug 2022 19:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14327

Actions (login required)

View Item View Item