HUBUNGAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA (Studi Kasus Pada Kelas 7 di MTs Al-Manar Tengaran Kabupaten Semarang).

Syamsudin, DIdin (2016) HUBUNGAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA (Studi Kasus Pada Kelas 7 di MTs Al-Manar Tengaran Kabupaten Semarang). Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (2MB)

Abstract

Minat belajar membaca Al-Qur’an siswa di MTs Al-Manar Bener Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang beragam ada yang kurang sedang bahkan tinggi. Dengan keragaman minat belajar siswa tersebut, maka akan berpengaruh pula pada hasil belajar membaca Al-Qur’an pada siswa. Penelitian ini berangkat dari permasalahan keberagaman minta siswa belajar membaca Al-Qur’an, yang kemudian akan berperngaruh pada kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Peneletian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara minat belajar terhadap kemampuan belajar Al-Qur’an pada siswa kelas 7 di MTs Al-Manar Tengaran Kabupaten Semarang tahun 2016. Permasalahan – permasalahan yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana minat belajar Al-Qur’an siswa kelas 7 di MTs Al-Manar Tengaran Kabupaten Semarang; 2. Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas 7 di MTs Al-Manar Tengaran Kabupaten Semarang; dan 3. Adakah hubungan antara minat belajar terhadap kemampuan belajar siswa kelas 7 di MTs Al-Manar Tengaran Kabupaten Semarang tahun 2016.Alat yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode angket, dokumentasi dan tes. Yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas 7 MTs Al-Manar Tengaran Kabupaten Semarang. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara minat belajar terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas 7 MTs Al-Manar Tengaran Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini dapat dilihat dengan hasil angket minat belajar Al-Qur’an. Siswa yang memiliki minat belajar Al-Qur’an yang tinggi sebanyak 19 siswa atau sebanyak 34%, siswa yang memiliki minat belajar Al-Qur’an yang sedang sebanyak 29 siswa atau sebanyak 52%, dan siswa yang memiliki minat belajar Al-Qur’an yang sedang sebanyak 8 siswa atau sebanyak 14%. Sedangkan untuk kemampuan membaca Al-Qur’an, siswa yang memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an tinggi sebanyak 22 siswa atau 39%,siswa yang memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an sedang sebanyak 20 siswa atau 36%, dan siswa yang memiliki mainat belajar Al-Qur’an yang rendah sebanyak 14 siswa atau 25%.. Setelah data dianalisis dengan menggunakan rumus product moment dan diperoleh nilai rhitung sebesar 0,410 kemudian dikonsultasikan dengan rtabel pada product moment dengan N=56 dan taraf signifikan 1% = 0,3102. Ternyata nilai rhitung lebih besar daripada nilai rtabel yaitu (0,410 > 0,3102). Begitupun jika dikonsultasikan pada dengan r tabel taraf signifikan 5% = 0,2221. Maka hasilnya adalah rhitung lebih besar daripada nilai rtabel yaitu (0,410 > 0,2221) Sehingga hasil dinyatakan signifikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Apr 2017 03:15
Last Modified: 10 Apr 2017 03:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1436

Actions (login required)

View Item View Item