LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII

, Zuliana (2022) LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII. [UNSPECIFIED]

[img] Text
ZULIANA 23080180056.pdf

Download (3MB)

Abstract

Zuliana. 2022. Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modelling Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Islam Bina Insani Susukan Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi: Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Modelling, Meningkatkan Motivasi Belajar, Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bagaimana kondisi motivasi belajar siswa kelas VII sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling 2) apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain eksperimen yaitu pre-eksperimental design one-group pretest-posttest. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi pada subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi motivasi belajar sebelum dan setelah diberi layanan bimbingan kelompok itu sudah sesuai dengan kriteria dari hasil pretest dan posttest yang di mana kondisi sebelum itu sangat rendah setelah di beri layanan posttest jadi meningkat. Penggunaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling efektif untuk meningkatkan motivasi belajar. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil pretest yang semula dalam kategori rendah dengan angka ketercapaian 7% jumlah skor sebanyak 688 dengan rata-rata sejumlah 45,9 setelah diberi posttest menjadi menigkat dalam kategori tinggi dengan angka ketercapaian 80% jumlah skor sebanyak 873 dengan rata-rata sejumlah 58,2. Selain itu juga dibuktikan dengan hasil uji paired sample test diperoleh nilai signifikan (2-Tailed) untuk pretest posttest yaitu 0,000 < 0,05 yang artinya HO ditolak dan Ha diterima. Artinya dengan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? BKI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Aug 2022 13:48
Last Modified: 04 Oct 2022 13:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14383

Actions (login required)

View Item View Item