UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI MELALUI STRATEGI PEER TUTORING PADA SISWA KELAS X IPS I MA DARUSSALAM WONOSEGORO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2021/2022

Ilmawati, Novita Dwi (2022) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI MELALUI STRATEGI PEER TUTORING PADA SISWA KELAS X IPS I MA DARUSSALAM WONOSEGORO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI NOVITA DWI ILMAWATI 23070180022_compressed (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Ilmawati, Novita Dwi. 2022. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Trigonometri Melalui Strategi Peer Tutoring Pada Siswa Kelas X IPS I MA Darussalam Wonosegoro Boyolali Tahun Ajaran 2021/2022. Program Studi Tadris Matematika. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Mufiq, S.Ag., M.Phil. Kata Kunci: Prestasi Belajar Matematika dan Model Pembelajaran Peer Tutoring Prestasi belajar matematika yang diperoleh siswa masih cenderung rendah, hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran kurang inovatif, dilihat dari faktor siswa yang kurang minat dalam belajar, serta merasa bosen karena prose pembelajaran yang monoton. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menerapkan model pembelajaran Peer Tutoring yang diyakini dapat meningkatkan prestasi belajar matematika materi trigonometri pada siswa kelas X IPS I MA Darussalam Wonosegoro. Penelitian ini merupakan upaya meningkatkan prestasi belajar matematika materi trigonometri pada siswa kelas X IPS I MA Darussalam Wonosegoro. Dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I, dan siklus II. Untuk masing-masing siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun analis data dilaksanakan dengan cara membandingkan pencapaian hasil belajar pada tiap siklus yang berpatokan pada KKM MA Darussalam Wonosegoro yaitu 75 dengan menggunakan pedoman kriteria ketuntasan klasikal yaitu ≥85%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Peer Tutoring dapat meningkatkan prestasi belajar matematika materi trigonometri pada siswa kelas X IPS I MA Darussalam tahun ajaran 2021/2022. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil tes evaluasi siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya yaitu pada siklus I terdapat 73,3% (22 siswa) telah tuntas KKM dan 26,7% belum tuntas KKM. Selanjutnya pada siklus II terdapat 90% (27 siswa) telah tuntas KKM dan 10% (3 siswa) belum tuntas KKM. Hasil belajar yang diperoleh pada siklus II sudah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu ≥85% dari jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar yakni ≥75 sehingga penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Aug 2022 17:04
Last Modified: 12 Aug 2022 10:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14385

Actions (login required)

View Item View Item