PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, LEVERAGE, DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP ISLAMIC SOCIAL REPORTING DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2016-2020)

Aulia, Fida (2022) PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, LEVERAGE, DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP ISLAMIC SOCIAL REPORTING DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2016-2020). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Fida Aulia_Akuntansi Syariah_63030180116_Skripsi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Islamic Social Reporting (ISR) dengan Ukuran Perusahaan (Size) Sebagai Variabel Moderasi (Studi pada perusahaan di Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2016 – 2020). Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan populasi perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Sedangkan sampel penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling dengan kriteria yang ditentukan oleh peneliti sehingga diperoleh sampel sejumlah 9 perusahaan dari jumlah populasi 30 perusahaan tahun 2016-2020. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji Moderated Regression Analysis (MRA) menggunakan software pengolah data Eviews 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap ISR, likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap ISR, leverage berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap ISR, kepemilikan manajerial berpengaruh negatif signifikan terhadap ISR dan ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap ISR. Hasil Moderated Regression Analysis menunjukkan bahwa Ukuran Perusahaan mampu memoderasi hubungan likuiditas dan kepemilikan manajerial terhadap ISR, dan Ukuran Perusahaan tidak mampu memoderasi hubungan profitabilitas dan leverage terhadap ISR.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: ?? AKS ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Aug 2022 20:43
Last Modified: 12 Aug 2022 20:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14390

Actions (login required)

View Item View Item