EFEKTIFITAS PERBUP DEMAK NOMOR 1 TAHUN 2021 DALAM PENGGUNAAN DANA DESA (Study Kasus di Desa Ngelowetan Kecamatan Mijen Kab. Demak)

Amalia, Anggieta Fitri (2022) EFEKTIFITAS PERBUP DEMAK NOMOR 1 TAHUN 2021 DALAM PENGGUNAAN DANA DESA (Study Kasus di Desa Ngelowetan Kecamatan Mijen Kab. Demak). [UNSPECIFIED]

[img] Text
ANGGIETA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada Skripsi ini mengangkat tentang pengaturan penggunaan dana desa serta efektifitas penggunaan dana desa berdasarkan peraturan bupati Demak Nomor 1 Tahun 2021 di Desa Ngelowetan, Kecanatan Mijen, Kabupaten Demak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaturan penggunaan dana desa dalam peraturan bupati Demak Nomor 1 tahun 2021 serta efektifitas peraturan Bupati Demak Nomor 1 Tahun 2021 dalam penggunaan dana desa di Desa Ngelowetan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat studi lapangan (Field Reseach) yang menggunakan hasil penelitian sebagai sumber data utama. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Yuridis-Empiris. Sumber utama (primer) dari penelitian ini adalah hasil penelitian lapangan di Desa Ngelowetan tentang penggunaan dana desa serta Peraturan Bupati Demak Nomor 1 Tahun 2021. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi lapangan berupa wawancara dan observasi. Teknik analisis dalam penelitiaan ini menggunakan metode analisis induktif, yaitu cara berfikir yang sistematis dari bahan wawancara dan observasi memulai dari fakta, realita, gejala dan masalah yang diperoleh memalui wawancara dan observasi, kemudian membangun pola umum. Dari hasil penelitian menggunakan metode diatas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang telah penulis kemukakan. Bahwa pengaturan dana desa didalam peraturan Bupati Demak Nomor 1 Tahun 2021 adalah untuk penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan infrastruktur, pembinaan masyarakat, dan pemberdayaan masyarakat. Namun, pada faktanya desa Ngelowetan belum maksimal dalam menggunakan dana desa, dikarenakan dalam Peraturan Bupati Demak Nomor 1 Tahun 2021 tidak ada batasan untuk penggunaan dana Desa Hanya ada kriterianya saja. Maka dari itu dalam hal pemnbagian penggunaan dana Desa di Desa Ngelowetan belum maksimal karena tidak efektif nya Peraturan Bupati Demak Nomor 1 Tahun 2021, seharusnya ada batasan tertentu walaupun di Desa juga mempunyai kebutuhan tergantung Desa Masing-Masing.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Aug 2022 21:17
Last Modified: 12 Aug 2022 14:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14392

Actions (login required)

View Item View Item