HUBUNGAN PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT DENGAN HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Innafingah, Nurunnisa (2015) HUBUNGAN PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT DENGAN HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Nurunnisa’ Innafingah 11111206.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penulisan skripsi ini merupakan upaya untuk mengetahui hubungan pemberian reward dan punishment dengan hasil belajar Fiqih pada siswa kelas X di MAN Purworejo Tahun Pelajaran 2014/2015. Pertanyaan yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana penerapan reward dan punishment dalam pembelajaran Fiqih?, 2. Bagaimana hasil belajar Fiqih siswa kelas X di MAN Purworejo?, 3. Adakah hubungan dari penerapan reward dan punishment terhadap hasil belajar Fiqih siswa kelas X di MAN Purworejo tahun pelajaran 2014/2015?. Dalam penelitian ini pendekatan yang peneliti terapkan adalah pendekatan korelasional kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode angket, dokumentasi, dan observasi. Kemudian dianalisis dengan rumus product moment. Sampel yang peneliti ambil adalah 64 responden (20% dari jumlah populasi yaitu 320). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan reward dan punishment memiliki keberhasilan yang baik yang ditunjukkan dengan jumlah persentase dari tiap kategori yang ditunjukkan yaitu pada tigkat tinggi/sangat baik sebesar 10.9% berdasarkan jawaban 7 orang siswa/responden, kategori baik sebesar 71.9% berdasarkan jawaban dari 46 siswa, dan pada kategori cukup 17.2% dari jawaban 11 siswa. Sedangkan hasil belajar Fiqih siswa kelas X menunjukkan dua kategori sesuai kurikulum 2013 yaitu baik dan sangat baik. Dengan jumlah persentase yang ditunjukkan yaitu 20.3% untuk kategori sangat baik dengan jumlah siswa sebanyak 13 siswa, dan 79.7% untuk kategori baik sebanyak 51 siswa. Uji hipotesis menunjukkan adanya hubungan yang positif antara penerapan reward dan punishment dengan hasil belajar Fiqih siswa kelas X di MAN Purworejo Tahun Pelajaran 2014/2015, hal ini dapat dilihat nilai koefisien korelasi (r hitung) sebesar 0.560 lebih besar dari taraf signifikansi 1% (0.317) dan 5% (0.244). Dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa ada hubungan positif dari penerapan reward dan punishment dengan hasil belajar Fiqih pada siswa kelas X di MAN Purworejo Tahun Pelajaran 2014/2015. Reward dan punishment merupakan salah satu alat pendamping pembelajaran yang dapat meningkatkan semangat belajar untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2016 04:03
Last Modified: 12 Feb 2016 06:53
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/144

Actions (login required)

View Item View Item