KONSELING ISLAM DENGAN TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MENGURANGI PERILAKU MENYONTEK SISWA KELAS VII DI MTs IRSYADUT THULAB PULOREJO GROBOGAN

A'yun, Maulidya Itsna Qurrota (2022) KONSELING ISLAM DENGAN TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MENGURANGI PERILAKU MENYONTEK SISWA KELAS VII DI MTs IRSYADUT THULAB PULOREJO GROBOGAN. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

Full text not available from this repository.

Abstract

A’yun, Maulidya Itsna Qurrota. 2022. Konseling Islam Dengan Teknik Self Control Untuk Mengurangi Perilaku Menyontek Siswa Kelas VII MTs Irsyadut Thulab Pulorejo. Skripsi, Salatiga: Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muhamad Rozikan, M.Pd. Kata Kunci: Konseling Islam, Teknik Self Control, Menyontek Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pelaksanaan layanan konseling Islam dengan teknik self control terhadap perilaku menyontek siswa 2) untuk mengetahui pengurangan perilaku menyontek siswa menggunakan layanan konseling Islam dengan teknik self control. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan desain one group pre test and post test pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan secara purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket dan dokumentasi pada subjek. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Irsyadut Thulab Pulorejo dengan populasi 20 dan sampelnya sebanyak 5 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) pelaksanaan konseling Islam dengan teknik self control berlangsung sebanyak 4 kali pertemuan. Hasil pertemuan tersebut dapat dilihat dari hasil analisis statistic deskriptif bahwa perilaku menyontek siswa sesudah diberikan layanan semula dalam kategori tinggi dengan interval 82-100 dengan angka ketercapaian 100% menjadi berkurang dalam kategori rendah dengan interval 44-62 dengan angka ketercapaian 100% jumlah skor sebanyak 279 dengan rata-rata 55,8. Sedangkan skor minimal 51 dan skor maksimal 60. (2) penggunaan layanan konseling Islam dengan teknik self control efektif dapat mengurangi perilaku menyontek siswa, dibuktikan dengan hasil uji paired sample test diperoleh nilai signifikasi (2-tailed) untuk pre-test dan post-test yaitu 0,000<0,05 maka Ho: ditolak dan Ha: diterima.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? BKI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Aug 2022 12:18
Last Modified: 18 Aug 2022 12:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14453

Actions (login required)

View Item View Item