INTERNALISASI NILAI NASIONALISME MELALUI PEMBELAJARAN KE-NU-AN PADA SISWA KELAS VIII DI MTs TARBIYATUL MUBTADIIN WILALUNG DEMAK TAHUN 2022

ZULFAH, SITI (2022) INTERNALISASI NILAI NASIONALISME MELALUI PEMBELAJARAN KE-NU-AN PADA SISWA KELAS VIII DI MTs TARBIYATUL MUBTADIIN WILALUNG DEMAK TAHUN 2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Siti Zulfah_Tesis OK.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Internalisasi Nilai Nasionalisme melalui Pembelajaran Ke-NU-an pada Siswa Kelas VIII di MTs. Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Demak. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Ruwandi, M.A Penelitian ini dilakukan dengan tiga tujuan penelitian yaitu: 1) Untuk menemukan dan menganalisis langkah-langkah internalisasi nilai Nasionalisme melalui pembelajaran Ke-NU-an pada siswa kelas VIII MTs Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Demak; 2) Untuk menemukan dan menganalisis kesulitan-kesulitan dalam proses internalisasi nilai Nasionalisme melalui pembelajaran Ke-NU-an pada siswa kelas VIII MTs Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Demak: 3) Untuk menemukan dan menganalisis solusi yang dilakukan dalam memecahkan kesulitan internalisasi nilai Nasionalisme melalui pembelajaran Ke-NU-an pada siswa kelas VIII MTs Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Demak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif yang melibatkan narasumber Kepala Madrasah, Wa.Ka. Kurikulum, Guru Ke-NU-an, dan siswa kelas VIII di MTs. Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Demak dan. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menemukan, bahwa: 1) Langkah-langkah internalisasi meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dengan merumuskan Kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD), merumuskan indikator pencapaian kompetensi, merumuskan tujuan pembelajaran, memilih materi pembelajaran, memilih metode pembelajaran, menentukan langkah-langkah pembelajaran, memilih media atau sumber belajar, menentukan evaluasi pembelajaran. 2) Kesulitan-kesulitan dalam proses internalisasai antara lain: Kesulitan dalam merumuskan indikator pencapaian kompetensi, kesulitan dalam memilih metode dalam pembelajaran, keterbatasan media pembelajaran, kesulitan dalam menerapkan evaluasi Pembelajaran. 3) Solusi dalam internalisasai nilai Nasionalisme melalui pembelajaran Ke-NU-an pada siswa kelas VIII di MTs Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Demak antara lain: Aktif dalam kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), mengikuti pelatihan guru, menciptakan pembelajaran yang aktif. Kata Kunci: Internalisasi, Nilai Nasionalisme, Pembelajaran Ke-NU-an.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Aug 2022 17:14
Last Modified: 19 Aug 2022 17:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14479

Actions (login required)

View Item View Item