PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V SEMESTER II MIN SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

KHASANAH, ZUMROTUN (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V SEMESTER II MIN SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img] Text
sekripsi ful Refisi pdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Khasanah, Zumrotun. 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Siswa Kelas V MIN Salatiga Dukuh Gamol Kelurahan Kecandran Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Rasimin, S.PdI, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Make A Match, Hasil Belajar, IPS Hasil belajar yang baik merupakan sesuatu yang diharapkan. Siswa di MIN Salatiga merasa bosan dalam mengikuti pelajaran karena guru dalam menyampaikan materi selalu dengan menggunakan metode ceramah, sehingga barakibat terhadap rendahnya hasil belajar IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bagi siswa kelas V A MIN Salatiga, untuk itu guru harus segera memperbaiki proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match . Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat menigkatkan hasil belajar IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V MIN Salatiga tahun pelajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan melalui dua siklus yaitu siklus I, dan siklus II. Tiap siklusnya ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siklus I, II, dengan hasil nilai rata-rata mengalami peningkatan. Pada pra siklus sebesar 66,89 menjadi 74,89 pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 83,61 Jadi dari pra siklus kesiklus II nilai rata-rata hasil belajar naik sebesar 16,72. Untuk angka ketuntasan belajar siswa dari pra siklus kesiklus I naik menjadi 11 anak atau sebesar 61,11% dan menjadi 17 anak pada siklus II atau sebesar 94,44% . Jadi angka ketuntasan belajar dari pra siklus sampai siklus II meningkat sebesar 60.74% atau sebanyak 11 anak. Peningkatan nilai rata-rata menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Apr 2017 07:18
Last Modified: 10 Apr 2017 07:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1448

Actions (login required)

View Item View Item