Upaya Sekolah Dalam Mendorong Keaktifan Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Keagamaan Di Madrasah Tsanawiyah Al Uswah Karangjati, kecamatan Bergas, kabupaten Semarang Tahun 2016

Maulida, Fatma (2017) Upaya Sekolah Dalam Mendorong Keaktifan Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Keagamaan Di Madrasah Tsanawiyah Al Uswah Karangjati, kecamatan Bergas, kabupaten Semarang Tahun 2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
FATMA MAULIDA 111-12-042.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan apa yang ada di Madrasah Tsanawiyah Al Uswah. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (a) Apa bentuk kegiatan keagamaan di Madrasah Tsanawiyah Al Uswah, Karangjati, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang tahun 2016, (b) Apa upaya sekolah dalam mendorong keaktifan siswa di Madrasah Tsanawiyah Al Uswah, Karangjati, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang tahun 2016, (c) Bagaimana tingkat keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan di Madrasah Tsanawiyah Al Uswah, Karangjati, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang tahun 2016, (d) Apa problem dan solusi yang dihadapi di Madrasah Tsanawiyah Al Uswah, Karangjati, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang tahun 2016, untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam melaksanakan penelitian penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang dari penelitian tersebut menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dan lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Adapun subjek dan objek penelitian tersebut yaitu kepala sekolah, koordinator agama dan guru mata pelajaran agama Islam sedangkan objeknya yaitu MTs Al Uswah Bergas. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun dalam proses pengecekan dan keabsahan data, peneliti menggunakan metode triangulasi data yaitu dengan membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda dalam penelitian kualitatif. Berdasarkan analisa data yang didapatkan bahwa kegiatan keagamaan di Madrasah Tsanawiyah Al Uswah dilaksanakan dengan dua macam ibadah mahdah dan ghairu mahdah serta upaya sekolah yang dilakukan sekolah dalam mendorong keaktifan siswa dengan cara pembinaan dan pendampingan. Tingkat keaktifan siswa dalam mengikuti keagamaan sangat tinggi dilihat selama peneliti melaksanakan penelitian dan juga ada problematika bagi siswa yaitu rendahnya kesadaran siswa dalam mengikuti keagamaan dan problematika dari guru kurangnya keteladanan dari guru dalam melaksanakan kegiatan keagamaan di Madrasah Tsanawiyah Al Uswah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Apr 2017 01:59
Last Modified: 11 Apr 2017 01:59
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/1450

Actions (login required)

View Item View Item