Penggunaan Media Stellarium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Tata Surya Pada Siswa Kelas VI MIN Salatiga Tahun Pelajaran 2021/2022

Turfalah, Aulia Wilujeng (2022) Penggunaan Media Stellarium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Tata Surya Pada Siswa Kelas VI MIN Salatiga Tahun Pelajaran 2021/2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
AULIA WILUJENG TURFALAH 23040180091.pdf

Download (2MB)

Abstract

Turfalah, Aulia Wilujeng 2022. Penggunaan Media Stellarium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Tata Surya Pada Siswa Kelas VI MIN Salatiga Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. Suwardi, M.Pd. Kata Kunci: media stellarium, hasil belajar, dan materi tata surya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Tata Surya menggunakan media Stellarium pada Siswa Kelas VI di MIN Salatiga tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan di MIN Salatiga dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, melatarbelakangi dari hasil belajar IPA kelas VI MIN Salatiga tentang materi tata surya yang belum memenuhi KKM pada kelas VI dengan subyek penelitian sejumlah 30 orang. Dilakukan dengan langkah-langkah meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan, metode tes, dokumentasi, wawancara. Instrumen penelitian meliputi lembar pengamatan, lembar soal tes, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I menunjukkan siswa yang tuntas mengalami peningkatan hasil belajar siswa sebanyak 14 siswa dari hasil siswa yang tuntas pree test sebanyak 60% (5 siswa) dan siswa yang tuntas post test sebanyak 77% (19 siswa). Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar siswa sebanyak 18 siswa dari hasil siswa yang tuntas pree test sebanyak 56,5% (7 siswa) dan siswa yang tuntas post test sebanyak 89% (25 siswa). Dari hasil peningkatan belajar siklus I dan siklus II sebanyak 4 siswa, hal ini menunjukkan bahwa media Stellarium dapat meningkatkan hasil pembelajaran IPA materi Tata Surya pada siswa kelas VI MIN Salatiga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Aug 2022 20:06
Last Modified: 24 Aug 2022 20:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14574

Actions (login required)

View Item View Item