Implementasi Pembinaan Akhlak pada Siswa di SMK Karya Nugraha Boyolali Tahun 2015

Wulandari, Zulaikhah Sri (2016) Implementasi Pembinaan Akhlak pada Siswa di SMK Karya Nugraha Boyolali Tahun 2015. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
ZULAIKHAH SRI WULANDARI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pembinaan akhlak di sekolah sangat penting, terutama untuk siswa SMK. Pergaulan yang tak terkontrol serta perkembangan teknologi yang semakin pesat mendorong sekolah untuk melakukan kegiatan pembinaan karena sekolah merupakan lingkungan kedua dalam pembentukan akhlak setelah keluarga. Pembinaan perlu dilakukan dalam jam sekolah maupun luar sekolah. Kemampuan sekolah dalam membina akhlak siswa juga membawa dampak besar terhadap lingkungan terutama untuk siswa didik itu sendiri. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah perencanaan pembinaan akhlak siswa di SMK Karya Nugraha Boyolali?, (2) Bagaimanakah pelaksanaan pembinaan akhlak siswa di SMK Karya Nugraha Boyolali?, (3) Bagaimanakah evaluasi pembinaan akhlak siswa di SMK Karya Nugraha Boyolali? Dan (4) Bagaimanakah hasil pembinaan akhlak di SMK Karya Nugraha Boyolali?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dan menggunakan metode pengumpulan data dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data pengumpulan data, reduksi data, model data dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dalam perencanaan sudah ada program yang terinci dengan baik, meliputi: Shalat dhuha, Shalat dhuhur berjamaah, Bimbingan wali kelas, Membaca asmaul husna, Tadarus Al-Qur’an, Ekstrakulikuler BTQ, Shalat Jum’at, dan Ekstrakulikuler. (2) Pelaksanaan pembinaan dilaksanakan sesuai jadwal dan dengan metode yang sudah direncanakan. Dari program yang ada di SMK karya Nugraha Boyolali yang sudah terlaksana dengan baik diantaranya: membaca asmaul husna, bimbingan wali kelas, tadarus Al-Qur’an, shalat jumat dan ekstrakulikuler. Sedangkan program yang lain seperti shalat dhuha, shalat dhuhur berjamaah, ekstrakulikuler BTQ belum berjalan seperti yang diharapkan. (3) Cara evaluasi pembinaan siswa SMK Karya Nugraha Boyolali dengan teknik nontes yaitu pengamatan. Cara penilaian juga tidak menggunakan instrumen apapun. Hasil evalaluasi dalam perencanaan sudah ada program yang dibuat, namun dalam pelaksanaan tidak semua program berjalan sesuai rencana. Hasil dari masing-masing program, guru tidak bisa menilai, karena hasil pembinaan akhlak berdasarkan baik dan buruk siswa dan tidak bisa diukur. (4) Hasil pembinaan akhlak yaitu perilaku siswa lebih baik dan prestasi akademik meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Apr 2017 02:28
Last Modified: 11 Apr 2017 02:28
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/1459

Actions (login required)

View Item View Item