Hubungan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan aktivitas dan prestasi belajar aqidah akhlak pada siswa kelas VIII MTS Negeri Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016

Annisa, Siti Nina (2016) Hubungan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan aktivitas dan prestasi belajar aqidah akhlak pada siswa kelas VIII MTS Negeri Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
Siti Nina Nur Annisa.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas VIII MTS Negeri Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016, dan untuk mengetahui hubungan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan aktivitas siswa kelas VIII MTS Negeri Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016, serta untuk mengetahui hubungan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan prestasi belajar siswa kelas VIII MTS Negeri Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah 1. Bagaimana respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran aqidah akhlak siswa kelas VIII MTs Negeri Karanggede Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2015/2016? 2. Adakah hubungan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan aktivitas siswa kelas VIII MTs Negeri Karanggede Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2015/2016? 3. Adakah hubungan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan prestasi belajar aqidah akhlak pada siswa kelas VIII MTs Negeri Karanggede Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2015/2016?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan angket atau kuesioner sebagai instrumen penelitian guna mendapatkan data atau informasi yang dibutuhkan. Untuk melengkapi data yang dibutuhkan, dalam penelitian ini juga menggunakan metode observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang diperoleh adalah adanya hubungan yang signifikan antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan aktivitas dan prestasi belajar Aqidah akhlak pada siswa kelas VIII MTS Negeri Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini dinyatakan dengan nilai r_xy1 (0,406) dan r_xy2 (0,372) dengan jumlah N = sebesar 50. Setelah dikonsultasikan dengan r_tabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% diperoleh {(0,406 ˃ 0,279)/(0,406 ˃ 0,361) } dan {(0,372 ˃ 0,279)/(0,372 ˃ 0,361) }.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Apr 2017 02:39
Last Modified: 11 Apr 2017 02:39
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/1460

Actions (login required)

View Item View Item