STRATEGI PENANAMAN KECERDASAN SPIRITUAL DAN BUDAYA NIRKEKERASAN PADA SISWA SMK (Studi Kasus Di SMKN 1 Windusari Magelang dan SMK Yudha Karya Magelang Tahun 2022)

kurniawati, Eri (2022) STRATEGI PENANAMAN KECERDASAN SPIRITUAL DAN BUDAYA NIRKEKERASAN PADA SISWA SMK (Studi Kasus Di SMKN 1 Windusari Magelang dan SMK Yudha Karya Magelang Tahun 2022). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ERI KURNIAWATI TESIS LENGKAP 12010200047 word.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Strategi Penanaman Kecerdasan Spiritual dan Budaya Nirkekerasan di SMKN 1 Windusari Magelang dan SMK Yudha Karya Magelang (2) Untuk mengetahui Implementasi Penanaman Kecerdasan Spiritual dan Budaya Nirkekerasan pada siswa SMKN 1 Windusari Magelang dan SMK Yudha Karya Magelang, dan (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penanaman kecerdasan spiritual dan budaya Nirkekerasan di SMKN 1 Windusari Magelang dan SMK Yudha Karya Magelang. Metode pengumpulan data diperoleh melalui wawancara kepada guru BK dan Guru PAI kemudian dilakukan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Penerapan strategi penanaman kecerdasan spiritual dan budaya nirkekerasan masih rendah dan ada yang sudah menerapkan namun kurang maksimal sehingga perlu memperkuat penerapan aspek kecerdasan spiritual dan budaya di sekolah sehingga tujuan sekolah dalam menangani kenakalan siswa dapat terminimalisir dengan baik. (2) Implementasi penanaman kecerdasan spiritual yang dilakukan guru yakni dengan memberikan kasih sayang kepada para murid serta menganggap mereka seperti anak sendiri, memberikan nasihat mengenai apa saja demi kepentingan masa depan murid-muridnya, serta memberi pembiasaan kepada para murid, serta mencegah mereka dari akhlak tercela. (3) Faktor penghambat dari beberapa sekolah yakni sebagian orang tua belum bisa diajak kerjasama untuk menanamkan kecerdasan spiritual serta kurangnya kerjasama antar guru serta kurangnya dukungan dari pihak sekolah. Faktor pendukungnya yakni kerjasama yang bagus sivitas akademika saling mensuport program untuk kebaikan siswanya. Dapat disimpulkan bahwa pentingnya menerapkan kecerdasan spiritual dilingkungan sekolah agar siswa dapat mengontrol jiwa serta emosinya dengan baik serta penerapan budaya nirkekerasan pada siswa agar tercipta perdamaian serta peduli sosial yang tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Aug 2022 22:04
Last Modified: 25 Aug 2022 22:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14606

Actions (login required)

View Item View Item