PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (RME) PADA SISWA KELAS II MIS ASINAN KECAMATAN BAWEN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2015/2016

Purwatiningsih, Rika Agus (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (RME) PADA SISWA KELAS II MIS ASINAN KECAMATAN BAWEN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2015/2016. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Rika Agus Purwatiningsih 115.11.069.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Purwatiningsih, Rika Agus. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (RME) Pada Siswa Kelas II MIS Asinan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang Tahun 2015/2016. Skripsi, Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Peni Susapti, M.Pd. Kata kunci: Hasil Belajar, Perkalian, pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (RME). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika yang masih rendah. Nilai rata-rata kelas pada ulangan harian materi perkalian yaitu 61, dari KKM yang telah ditetapkan. Siswa yang sudah tuntas 20%, sedangkan 80% siswa lainnya belum tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam materi perkalian dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada siswa kelas II MIS Asinan, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Siklus yang digunakan terdiri dari empat tahap. Subjek penelitian ini terdiri atas seluruh siswa kelas II dan guru kelas II MIS Asinan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasil tes dianalisis dengan deskripsi kuantitatif, sedangkan hasil observasi dianalisis dengan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan PMR dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II pada materi perkalian. Hasil tes siswa pada siklus I mencapai KKM sebanyak 6 siswa (60%) dengan nilai rata-rata kelas 68,9. Siklus II seluruh siswa mampu mencapai KKM sebanyak 10 siswa (100%) dengan nilai rata-rata kelas 80,0. Berdasarkan hasil tes yang diperoleh siswa pada setiap siklusnya, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan PMR dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian pada siswa kelas II MIS Asinan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang Tahun 2015/2016.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Apr 2017 04:39
Last Modified: 11 Apr 2017 04:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1466

Actions (login required)

View Item View Item