PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI MELALUI STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) DENGAN MEDIA EDUKASI QUIZIZZ DI UPTD SPF SMP NEGERI 2 TUNTANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Nurhanifa, Dini (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI MELALUI STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) DENGAN MEDIA EDUKASI QUIZIZZ DI UPTD SPF SMP NEGERI 2 TUNTANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI DINI NURHANIFA 23060180002.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan strategi Everyone is a Teacher Here (ETH) dengan media edukasi Quizizz materi getaran, gelombang, dan bunyi dalam kehidupan sehari-hari pada siswa kelas VIII di UPTD SPF SMP Negeri 2 Tuntang Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan untuk memperbaiki proses kegiatan pembelajaran di kelas. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII F yang berjumlah 32 peserta didik dengan rincian 17 peserta didik laki-laki dan 15 peserta didik perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar soal post test untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Lembar observasi guru dan peserta didik yang diisi oleh guru mata pelajaran IPA dan peneliti, observasi dilakukan sebanyak dua kali pertemuan atau dua kali tindakan. Angket respon peserta didik untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan strategi ETH dengan media edukasi Quizizz. Dokumentasi untuk mengetahui keadaan guru dan peserta didik. Catatan lapangan untuk menuliskan peristiwa yang terjadi selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi Everyone is a Teacher Here (ETH) dengan media edukasi Quizizz dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas VIII F UPTD SPF SMP Negeri 2 Tuntang materi getaran, gelombang, dan bunyi dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut dapat diketahui melalui peningkatan hasil belajar peserta didik pada tindakan siklus I, peserta didik yang tuntas sebanyak 14 peserta didik atau 43,75% dengan rata-rata nilai 72,03, sedangkan pada tindakan siklus II, peserta didik yang tuntas sebanyak 29 peserta didik atau 90,63% dengan rata-rata nilai 79,84. Hasil belajar mengalami peningkatan sebanyak 7,81 dengan persentase peningkatan 46,88%. Selain itu, berdasarkan hasil angket respon peserta didik, sebanyak 80% peserta didik menyatakan setuju dengan penerapan strategi Everyone is a Teacher Here (ETH) dengan media edukasi Quizizz pada saat proses kegiatan pembelajaran.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Sep 2022 14:44
Last Modified: 02 Sep 2022 14:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14696

Actions (login required)

View Item View Item