PENGEMBANGAN BOARDGAME UTASI TERINTEGRASI APLIKASI GOOGLE SLIDES DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V DI MI HUSNUL KHATIMAH KOTA SEMARANG

SARI, DENI MODEANA (2022) PENGEMBANGAN BOARDGAME UTASI TERINTEGRASI APLIKASI GOOGLE SLIDES DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V DI MI HUSNUL KHATIMAH KOTA SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS Deni Modeana Sari 12020200023.pdf

Download (6MB)

Abstract

Sari. Deni Modeana 2022. Pengembangan Boardgame terintegrasi aplikasi google slides dalam pembelajaran IPS. Tesis. Jurusan Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Rasimin, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Boardgame terintegrasi aplikasi google slides pada pembelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan subjek penelitiannya adalah guru dan siswa MI Husnul Khatimah Kota Semarang. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, tes, dan dokumentasi. Proses pengembangan boardgame dalam penelitian ini menggunakan model Borg and Gall (Potensi dan masalah, Pengumpulan data, Desain Produk,Validasi produk, Perbaikan produk, Uji coba produk, Revisi produk, Uji coba pemakaian, Revisi Produk. Produk dikembangkan sesuai dengan kondisi awal kemudian diuji kelayakannya serta direvisi hingga layak untuk diimplemantasikan dalam pembelajaran. Hasil uji kelayakan / validasi dari ahli media mendapatkan jumlah presentase rata-rata sebanyak 93%, ahli materi IPS sebanyak 85%. Berdasarkan hasil dari masing-masing validator menunjukkan bahwa boardgame terintegrasi aplikasi google slides pada pembelajaran IPS layak untuk digunakan. Efektifitas boardgame terintegrasi aplikasi google slides pada pembelajaran IPS ditunjukkan dari hasil perhitungan t test terhadap nilai pretest dan postest siswa. Hasil Paired Samples Statistics menunjukkan nilai t hitung sebesar 0.000 < 0.05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Ada perbedaan signifikan antara data pretest dan postest, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan boardgame terintegrasi aplikasi google slides pada pembelajaran IPS efektif bagi peningkatan hasil belajar siswa kelas V MI Husnul Khatimah Kota Semarang. Kata Kunci : Boardgame, google slides, IPS.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Sep 2022 14:10
Last Modified: 03 Sep 2022 14:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14715

Actions (login required)

View Item View Item