POLA PENDAMPINGAN ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MIM GIRIROTO

Suciati, Lailatur Rohmatika (2022) POLA PENDAMPINGAN ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MIM GIRIROTO. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
REVISI SETELAH MUNAQOSYAH LAILATUR 12020190017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Suciati, Lailatur Rohmatika. 2022. Pola Pendampingan Orang Tua terhadap Pembelajaran Membaca dan Menulis Anak pada Masa Pandemi Covid-19 di MIM Giriroto. Tesis, Salatiga: Program Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Maslihatul Umami, MA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pendampingan orang tua serta hal-hal yang dilakukan orang tua dalam mendampingi pembelajaran membaca dan menulis anak pada masa pandemi covid-19, mengetahui hambatan yang dihadapi orang tua dalam mendampingi pembelajaran membaca dan menulis, dan untuk mendapatkan solusi yang dilakukan orang tua dalam menyelesaikan hambatan pendampingan membaca dan menulis anak pada masa pandemi covid-19. Subjek penelitiannya adalah wali murid kelas I MIM Giriroto. Dengan pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif berupa bentuk studi kasus tunggal, untuk sumber data yang digunakan yaitu dari wawancara, observasi, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat tiga model pola pendampingan yang dilakukan orang tua dalam mendampingi pembelajaran membaca dan menulis anak pada masa pandemi covid-19 yaitu active mediation, restrictive mediation, dan coviewing mediation. (2) Hambatan yang dihadapi orang tua dalam melakukan pendampingan membaca dan menulis anak pada masa pandemi covid-19 yaitu kesulitan menumbuhkan minat belajar anak, kurangnya waktu dalam mendampingi belajar, dan kurangnya strategi pembelajaran yang dimiliki orang tua. (3) Solusi yang telah dilakukan orang tua dalam menghadapi hambatan ketika mendampingi pembelajaran membaca dan menulis anak pada masa pandemi covid-19 adalah meluangkan waktu untuk mendampingi belajar anak, memberikan variasi pembelajaran, dan memberikan reward untuk menumbuhkan minat belajar anak. Kata Kunci: Pendampingan Orang Tua, Pembelajaran Membaca dan Menulis, Masa Pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Sep 2022 20:41
Last Modified: 06 Sep 2022 20:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14746

Actions (login required)

View Item View Item