PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS III SD ISLAM SAINS DAN TEKNOLOGI AT-TAQWA SUMOGAWE KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016

FEBRIAWAN, WIRA (2016) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS III SD ISLAM SAINS DAN TEKNOLOGI AT-TAQWA SUMOGAWE KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
WIRA FEBRIAWAN, PGMI, 11511060.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Febriawan, Wira. 2016. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Materi Bangun Datar melalui Model Guided Discovery Learning pada Siswa Kelas III SD Islam SAINS dan Teknologi At-Tqwa Sumogawe Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016 Jurusan PGMI. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing Peni Susapti, M.Si. Kata kunci: Prestasi Belajar Matematika, Model Guided Discovery Learning Pembelajaran matematika di SD memiliki prestasi belajar yang rendah, dimana hal ini tidak terlepas dari sistem pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Hal ini berkaitan dengan masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: Apakah model Guided Discovery Learning dapat meningkatkan prestasi belajar matematika materi bangun datar pada siswa kelas III SD Islam SAINS dan Teknologi At-Tqwa Sumogawe Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016? Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I, siklus II. Setiap siklus ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan prestasi belajar matematika materi bangun datar kelas III SD Islam SAINS dan Tekonolgi At-Taqwa Sumogawe tahun pelajaran 2015/2016. Melalui model Guided Discovery Learning adanya peningkatan prestasi belajar pada aspek kognitif yang dapat dilihat kondisi awal dari hasil pembahasan yaitu nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada pra-siklus sebesar 20% siswa yang tuntas belajar, pada siklus I meningkat menjadi 80% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 100% siswa tuntas. Berdasarkan prestasi belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui model Guided Discovery Learning dapat meningkatkan prestasi belajar matematika materi bangun datar pada siswa kelas III SD Islam SAINS dan Teknologi At-Tqwa Sumogawe Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Apr 2017 07:20
Last Modified: 11 Apr 2017 07:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1476

Actions (login required)

View Item View Item