PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DENGAN PERCOBAAN SEDERHANA DI SMPN 4 SATU ATAP KEDUNGJATI TAHUN PELAJARAN 2021/2022 SKRIPSI

Nugrahaningtyas, Tri (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DENGAN PERCOBAAN SEDERHANA DI SMPN 4 SATU ATAP KEDUNGJATI TAHUN PELAJARAN 2021/2022 SKRIPSI. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi getaran dan gelombang melalui model pembelajaran inquiry training dengan perconaan sederhana di SMP Negeri 4 Satu Atap Kedungjati tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPA dan siswa kelas VIII SMPN 4 Satu Atap Kedungjati yang berjumlah 21 siswa dengan rincian 10 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. PTK ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus mempunyai rangkaian kegiatan terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksananan, observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti adalah membandingkan pencapaian nilai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan ditandai dengan peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran inquiry training dengan percobaan sederhana dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi getaran dan gelombang di SMP Negeri 4 Satu Atap Kedungjati. Persentase peningkatan hasil belajar siswa yaitu 38,4%. Dapat dilihat dari hasil Penelitian Tindakan Kelas pada siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 10 siswa dari 21 siswa atau 47,6% dari 100% dengan nilai rata-rata 70, dan mengalami peningkatan pada siklus II terdapat sebanyak 18 siswa dari 21 siswa atau 86% yang mencapai KKM dan 3 siswa atau 14% yang tidak mencapai KKM dengan nilai rata-rata siswa 76.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Sep 2022 05:11
Last Modified: 09 Sep 2022 05:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14769

Actions (login required)

View Item View Item