PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI MILANPULSA BERBASIS COMPUTER ADAPTIVE TEST (CAT) PADA PENILAIAN AUTENTIK DOMAIN KOGNITIF MATA PELAJARAN TEMATIK

Huda, M. Alamil (2022) PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI MILANPULSA BERBASIS COMPUTER ADAPTIVE TEST (CAT) PADA PENILAIAN AUTENTIK DOMAIN KOGNITIF MATA PELAJARAN TEMATIK. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS M. ALAMIL HUDA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan evaluasi pembelajaran menggunakan media Evaluasi Milanpulsa berbasis Computer Adaptive Test (CAT) pada penilaian autentik mata pelajaran tematik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan subjek penelitiannya adalah guru dan siswa MI Ma’arif Pulutan Salatiga. Instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, dan dokumentasi. Proses pengembangan bahan evaluasi pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, and Evaluation). Produk dikembangkan sesuai dengan analisis kebutuhan kemudian diuji kelayakannya serta direvisi hingga layak untuk diimplemantasikan dalam pembelajaran. Hasil uji kelayakan atau validasi dari ahli media mendapatkan jumlah prosentase rata-rata sebanyak 100% atau skor 4, dan ahli materi IPA sebanyak 95% atau skor 3,8. Berdasarkan hasil dari masing-masing validator menunjukkan bahwa bahan evaluasi pembelajaran menggunakan media Evaluasi Milanpulsa berbasis Computer Adaptive Test (CAT) pada penilaian autentik mata pelajaran tematik layak untuk digunakan. Efektivitas evaluasi pembelajaran menggunakan media Evaluasi Milanpulsa berbasis Computer Adaptive Test (CAT) pada penilaian autentik mata pelajaran tematik ditunjukkan dari hasil perhitungan t test terhadap nilai pretest dan postest siswa. Hasil Paired Samples Statistics menunjukkan nilai sig. 0.000 < 0.05 dan t hitung = 10,061 > 2,043 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Ada perbedaan yang signivikan antara data pretest dan posttest, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan evaluasi pembelajaran menggunakan media ujian milanpulsa berbasis Computer Adaptive Test (CAT) pada penilaian autentik mata pelajaran tematik efektif bagi peningkatan hasil belajar siswa kelas IV MI Ma’arif Pulutan Salatiga. Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran, Computer Adaptif Test, Penilaian Autentik, Mata Pelajaran Tematik, R&D

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Sep 2022 03:04
Last Modified: 13 Sep 2022 12:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14785

Actions (login required)

View Item View Item