PENGARUH MEDIA KERETA CORONG BERHITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN KELAS III MI WONOTORO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

widiana, putri (2022) PENGARUH MEDIA KERETA CORONG BERHITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN KELAS III MI WONOTORO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Putri Widiana (23040180098).pdf

Download (3MB)

Abstract

Widiana, Putri. 2022. Pengaruh Media Kereta Corong Berhitung Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada mata Pelajaran Matematika Materi Perkalian Dan Pembagian Kelas III MI Wonotoro Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Mei Prabowo, M.Kom. Kata Kunci: Media Kereta Corong Berhitung, Hasil Belajar, dan Pelajaran Matematika. Penelitian bertujuan untuk mengetahui penggunaan media kereta corong berhitung dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagian siswa kelas III MI Wonotoro tahun pelajaran 2021/2022. Dengan begitu peneliti dapat mengetahui bagaimana kelebihan dan kekurangan dari masing-masing siswa dalam menggunakan media kereta corong berhitung atau yang tidak menggunakannya pada siswa kelas III MI Wonotoro tahun pelajaran 2021/2022 Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan bersifat kuantitatif dengan metode Eksperimen menggunakan One-Group PretestPosttest Design. Pengambilan sample dilakukan dengan teknik purposive sampling, Didapat dari kelas III sebagai kelas studi. Penelitian ini menggunakan instrumen dengan soal pilihan ganda yang telah diuji keabsahannya dengan uji veliditas, uji reliabilitas, taraf kesukaran dan uji daya beda soal. Metode pengambilan data dilakukan dengan Pretest dan Posttest. Analisis data penelitian dengan uji T-Test (Paired Sample Test) menggunakan program SPSS 26.0. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber observasi yaitu hasil mendengar, mengamati dan melihat dengan tujuan untuk mengetahui, memahami, dan mendapatkan jawaban dari sebuah fenomena pada masalah peneliti. Data yang diperoleh dengan cara mengambil gambar, menulis, merekam dsb. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa materi perkalian dan pembagian nilai rata-rata pretest 56,28 dan nilai rata-rata posttest 82,50. Berdasarkan data tersebut hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 26,22. Hal ini membuktikan dengan uji Paired Sample t Test diperoleh nilai Nilai

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Sep 2022 18:30
Last Modified: 10 Sep 2022 18:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14788

Actions (login required)

View Item View Item