PENGARUH METODE PEER LESSONS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DI KELAS V MI MA’ARIF SRATEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Pratiwi, Yusvi Nurida (2022) PENGARUH METODE PEER LESSONS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DI KELAS V MI MA’ARIF SRATEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
23040180081_Yusvi Nurida.P.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Pengaruh, Metode Pembelajaran Peer Lessons, dan Hasil Belajar IPS Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar IPS materi Kenampakan Alam dengan metode pembelajaran Peer Lessons pada siswa kelas V MI Ma’arif Sraten tahun pelajaran 2021/2022 (2) mengetahui pengaruh metode pembelajaran Peer Lessons dalam pembelajaran terhadap hasil belajar IPS materi kenampakan alam pada siswa kelas V MI Ma’arif Sraten Tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan metode Pre-Eksperimental menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling, di dapat kelas V sebagai kelas experimen. Pada penelitian ini instrumen yang digunakan berupa tes, obsevasi dan dokumentasi yang telah diuji keabsahannya dengan uji validitas, uji reliabilitas, taraf kesukaran dan uji daya beda soal. Adapun metode mengambilan data dilakukan dengan pretest dan posttest. Analisis data penelitian menggunakan program SPSS 25 dan Microsoft Excel 2013. Hipotesis penelitian diuji dengan uji Man-Whitney. Hasil belajar mata pelajaran IPS dengan penggunaan metode Peer Lessons Memperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 58,46 dan nilai rata-rata posttest yaitu 83,85. Hasil belajar yang diperoleh siswa mengalami kenaikan yaitu 25,39 sesudah menggunakan metode pembelajaran tersebut. Berdasarkan hasil output test statistic uji Man-Whitney, memperoleh hasil Asymp. Sig. (2-tailed) 0,000 ˂ 0.05 maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan peningkatan hasil nilai antara pretest dan posttest sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya penggunaan metode Peer Lessons efektif dan berpengaruh terhadap hasil belajar IPS materi kenampakan alam pada siswa kelas V MI Ma’arif Sraten Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2021/2022.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Sep 2022 21:18
Last Modified: 10 Sep 2022 21:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14789

Actions (login required)

View Item View Item